S1 – Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (Terakreditasi)

Sarjana Pendidikan (S.Pd) Kesejahteraan Keluarga

Visi
Menjadikan program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang unggul dan teladan pada tahun 2024.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dibidang pendidikan kesejahteraan keluarga yang berkualitas, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta keterampilan pedagogik yang memenuhi standard kompetensi pendidikan.
  2. Memenuhi kebutuhan tenaga guru SMK Pariwisata khususnya bidang jasa boga yang berkualitas dalam era globalisasi, secara khusus dibidang pendidikan kepariwisataan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dibidang pendidikan pariwisata jasa boga secara akademik dan prakti
  2. Menjawab kebutuhan masyarakat untuk melanjutkan ke jenjang sarjana pendidikan dan membuka peluang karir dibidang pendidikan kepariwisataan dan perhotelan.
  3. Mewujudkan pendidikan keguruan kepariwisataan yang sesuai dengan dinamika kebutuhan masyarakat dan industri.
  4. Menghasilkan karya-karya penelitian dan pengabdian masyarakat yang terkait dengan pendidikan dan usaha jasa boga.
  5. Menciptakan pribadi yang berkarakter sesuai dengan tujuh karakter Undhira, yaitu: 1) percaya diri, 2) integritas, 3) pluralisme, 4) kewirausahaan, 5) pemimpin yang melayani, 6) profesionalisme dan 7) mendunia.

OUTPUT YANG DIHARAPKAN
Tujuan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga adalah menghasilkan lulusan yang memiliki  kompetensi dan profesional di bidang pendidikan olah boga dan tata hidangan  untuk mendukung dan menciptakan potensi kepariwisataan secara akademik dan praktis di industri baik nasional maupun internasional sehingga menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dan kualifikasi sebagai berikut :

  1. Menghasilkan guru SMK Pariwisata yang mempunyai spiritual yang tinggi.
  2. Membentuk karakter guru SMK Pariwisata yang menjunjung tinggi etika dan moral dalam perilaku kesehariannya.
  3. Menghasilkan tenaga guru SMK Pariwisata yang mampu berkompetisi di bidang ilmu pengetahuan, keterampilan,  dan penguasaan teknologi modern.
  4. Menghasilkan tenaga guru yang menguasai prinsip dan teknologi pembelajaran yang terampil.
  5. Menghasilkan tenaga guru SMK Pariwisata pendukung pariwisata yang memiliki wawasan nasionalisme-patriotik yang tinggi.
  6. Menghasilkan tenaga guru SMK Pariwisata yang berbudaya, profesional dan bertanggung jawab.
  7. Menghasilkan tenaga guru SMK Pariwisata sehingga dapat melakukan penelitian sebagai media pengembangan diri dan pengetahuan ilmiah.
  8. Menghasilkan tenaga guru yang kompeten dalam olah boga dan tata hidang yang siap membantu membangun masyarakat Indonesia sesuai bidang ilmu yang ditekuninya.

Kurikulum program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dirancang untuk membekali mahasiswa secara utuh sehingga sudah  siap pakai dalam dunia kerja, supaya dapat menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri serta bisa melanjutkan ke kualifikasi pendidikan yang lebih tinggi. Kurikulum ini berbasis kompetensi keilmuan dan keterampilan.  Mahasiswa secara normal bisa menyelesaikan studinya dalam waktu 4 tahun (8 semester).