S1- Psikologi (Terakreditasi)

Program Studi S1- Psikologi Universitas Dhyana Pura

Visi :

Visi Program Studi Psikologi, Universitas Dhyana Pura adalah pada tahun 2020 menjadi program studi yang teladan dan unggulan untuk menghasilkan sarjana yang berkarakter dan berintelektual dibidang psikologi dalam mendukung kepariwisataan.

Misi:

Misi Program Studi Psikologi, Universitas Dhyana Pura adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian dibidang-bidang ilmu psikologi sesuai dengan kepentingan masyarakat sebagai pendukung kepariwisataan.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang inovatif, kreatif dan dinamis dalam pengembangan disiplin psikologi.
  3. Mengembangkan jiwa profesional yang berkarakter sesuai dengan 7 (tujuh) karakter Universitas Dhyana Pura sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja.

Tujuan Program Studi :

  1. Menyiapkan lulusan yang kritis dan mampu memberikan kontribusi keilmuan psikologi agar mampu bersaing dalam dunia kerja.
  2. Menghasilkan lulusan yang berwawasan luas untuk menempuh jenjang pendidikan yang Magister Sains dan Magister Profesi Psikolog (S-2)
  3. Mewujudkan kehidupan masyarakat akademis yang berkarakter, berkualitas dan professional.
  4. Menumbuhkan lembaga fungsional dan profesional yang berkarakter, berkualitas dan profesional untuk mengoptimalkan keberlanjutan program studi Psikologi Universitas Dhyana Pura.

Kompetensi Program Studi Psikologi Universitas Dhyana Pura :

  a. Kompetensi Utama :

  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memahami etika sosial dan akademik
  3. Terampil menggunakan bahasa asing secara aktif terutama bahasa Inggris
  4. Mahasiswa memahami konsep dasar teori psikologi.
  5. Mahasiswa mampu melakukan riset tingkat dasar dengan menggunakan prinsip-prinsip psikologi dalam penyelesaian masalah.
  6. Mampu menganalisis fenomena perilaku manusia berdasar hasil observasi, interview serta mampu mengadminstrasikan, menskor  tes psikologi guna mendukung industry kepariwisataan.
  7. Mahasiswa mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi,

  b. Kompetensi Pendukung :

  1. Memiliki pengetahuan tentang psikologi pariwisata
  2. Memiliki kompetensi dibidang industri dan organisasi untuk menjawab tantangan dunia kerja khususnya dalam mendukung kepariwisataan

  c. Kompetensi Lainnya :

  1. Memiliki percaya diri dan integritas
  2. Mampu memimpin dan memiliki jiwa kepemimpinan yang melayani
  3. Memiliki jiwa wirausaha dan bersikap profesional secara akademik

Profil Prodi Psikologi Universitas Dhyana Pura

Program Studi Psikologi mempelajari berbagai aspek proses mental dan perilaku manusia, baik sebagai individu maupun sebagai makhluk sosial. Program Studi Psikologi diselenggarakan sebagai pusat unggulan yang bermanfaat bagi pengembangan SDM profesional yang berkualitas. Melalui misinya menyelenggarakan pendidikan psikologi melalui sistem dan proses pembelajaran yang berbasis kompetensi sehingga menghasilkan sarjana psikologi yang mampu bersaing dengan dunia kerja dan mendukung industri pariwisata yang ada di Bali dan sekitar.

PROSPEK  PROFESI  LULUSAN

Lulusan program studi psikologi dapat berkarir dibidang Pemerintah, rumah sakit, konsultan SDM, Perusahaan Swasta, lembaga pendidikan formal dan non formal, lembaga social, lembaga konsultan psikologi dan LSM dan masih banyak bidang lainnya.

KURIKULUM DAN METODE PERKULIAHAN

Kurikulum Program Studi Psikologi disusun melalui kurikulum yang dapat menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, siap terjun ke masyarakat untuk merebut berbagai peluang kerja yang terbuka khususnya dalam mendukung aktifitas industri pariwisata, dimana kepariwisataan menjadi daya tarik utama pulau Dewata, Bali.

Proses belajar yang ditawarkan bersifat student oriented, active learning melalui diskusi, simulasi, praktik dan role play.

Selain itu, Mahasiswa juga didorong untuk mengetahui kenyataan yang ada di lapangan melalui tugas-tugas yang disyaratkan pada sebagian besar matakuliah.

 Beban Studi

Untuk memperoleh gelar sarjana mahasiswa wajib menyelesaikan minimal 147sks, termasuk 6 SKS skripsi, yang secara keseluruhan dapat ditempuh kurang lebih dalam 4 tahun ( 8 – 14 semester) dengan gelar S.Psi