S1 – Biologi (Terakreditasi B)

PROFIL PROGRAM STUDI BIOLOGI KONSERVASI UNIVERSITAS DHYANA PURA (UNDHIRA-BALI)

SK. MENDIKNAS RI. NOMOR 142/E/O/2011

Tranplantasi Terumbu  KarangProgram studi Biologi Universitas Dhyana Pura merupakan bagian dari lembaga perguruan tinggi yang berbasis sains dan lingkungan yang didirikan sebagai dasar serta upaya pemanfaatan sumber daya alam yang ada di Pulau Bali dan global secara optimal, ramah lingkungan serta berkelanjutan (suistanable).

Lingkungan kita yang secara perlahan namun pasti mengalami penurunan kualitas daya dukungnya, menumbuhkan kepedulian untuk penyelamatan lingkungan sebagai daya dukung kehidupan yang lebih baik di masa depan dan menjadi orientasi untuk membuka satu Program Studi yang peduli dengan penyelematan lingkungan dan memberikan motivasi bagi masyarakat untuk ikut serta dan peduli terhadap pencegahan pemanasan global yang sudah disarasakan akibatnya oleh seluruh umat manusia sekarang ini.

Bidang Ilmu Biologi khususnya keahlian di bidang biologi konservasi sangat dibutuhkan, karena disiplin ilmu ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penanganan permasalahan pengelolaan sumber daya alam, termasuk hutan, pertanian, perikanan, kelautan dan pengelolaan satwa liar, yang saat ini perlu mendapatkan perhatian yang lebih dari semua komponen masyarakat serta jawaban atas ancaman terhadap keberlangsungan keanekaragaman hayati. Lulusan program ini disiapkan untuk menjadi Praktisi, Peneliti, Pendidik ataupun Pengusaha di bidangnya.

Visi dan Misi :

Visi :

Menjadi Program Studi terdepan dan panutan dalam membentuk karakter manusia berorientasi konservasi alam serta memiliki keunggulan dari segi kualitas akademis, profesional serta berwawasan budaya pada tahun 2020.

Misi :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan dalam bidang biologi konservasi dengan tidak hanya memberikan  teori keilmuan tetapi juga aplikasi praktis di area konservasi keanekaragaman hayati  beserta faktor pendukungnya yang berada di Bali dan sekitarnya.
  2. Menyelenggarakan pendidikan karakter mahasiswa  yang akan mampu membentuk pribadi yang percaya diri ber integritas, menghargai keberagaman, menumbuhkan jiwa kewirausahaan, kepemimpinan, professional dan mendunia dalam mengelola dan menciptakan program pelestarian lingkungan  berkelanjutan.
  3. Membangun suasana akademik yang mampu merangsang kreatifitas dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian yang relevan dan terkini dengan orientasi pengembangan pariwisata yang berkelanjutan serta ramah lingkungan.
  4. Mendorong semua pihak terkait untuk berperan aktif dalam gerakan peduli lingkungan baik forum ilmiah, media sosial  maupun kegiatan nyata di bidang pemberdayaan masyarakat sesuai konsep Tri Hita Karana.

Kontribusi ilmu Biologi Konservasi dapat diaplikasikan dalam bidang kerja seperti:

Tenaga Pendidik dan Praktisi (Dosen, Guru, dan Instruktur di bidang Biologi, Ekowisata, dan Lingkungan).
Peneliti (Lembaga LIPI dan Laboratorium yang lain).
Pegawai Negeri (PNS); Guru, Staf Ahli pada Kementrian Lingkungan Hidup, Kementrian Kehutanan, Perikanan dan Kelautan serta Balai Konservasi Sumber Daya Alam.
Swasta; Konsultan Ahli Biologi, Kelautan dan Lingkungan, Staf Ahli pada Taman Wisata seperti Bali Bird Park, Bali Safari and Marine Park, Bali Zoo Park dan lain-lain).
Staff Ahli pada Taman Nasional, Kebun Raya dan Cagar Alam.

Semua Tenaga Dosen/Pengajar:

Berkualifikasi Master di Bidang Ilmu Lingkungan dan Teknik Lingkungan
Berkualifikasi Master di Bidang Ilmu Biologi Murni dan Molekuler
Berkualifikasi Master di Bidang Ilmu Dasar; Kimia, Fisika dan yang lain

Fasilitas:

Ruang Kuliah Full-AC
Laboratorium Komputer dan Bahasa
Laboratorium Biologi
Laboratorium Alam (Bekerjasama dengan beberapa kebun binatang, kebun raya dan stakeholder terkait dalam bidang penelitian, PKL dan Kerja Praktek Mahasiswa).
Kursus Menyelam / Scientific Diving bersertifikat (bagi mahasiswa yang berminat di bidang konservasi kelautan dan wilayah pesisir)