S1 – Biologi (Terakreditasi B)

PROFIL JURUSAN BIOTEKNOLOGI (PROGRAM STUDI BIOLOGI)
TERAKREDITASI “B” BAN PT

IMG_0142 IMG_0147

Jurusan Bioteknologi (Prodi Biologi) Undhira Bali, merupakan Jurusan Bioteknologi dengan peminatan bioteknologi kesehatan, pangan, lingkungan dan biokonservasi. Sumber daya alam Indonesia yang melimpah memerlukan pengelolaan yang berkelanjutan. Sumber daya alam dapat dimanfaatkan secara bijaksana demi kepentingan kesejahteraan masyarakat. Banyak industri makanan, minuman, obat, dan pariwisata memanfaatkan sumber daya alam, sehingga ahli bioteknologi banyak diperlukan dalam pengelolaannya. Mahasiswa dapat memilih 3 kompetensi dengan kuliah keahlian yaitu  Bioteknologi Kesehatan (Biofarmasi, Herbal Medicine, Mikrobiologi Medis, Biomedik, DNA Forensik), Bioteknologi Pangan (Teknologi Pangan, Keamanan Pangan), Bioteknologi Lingkungan (Teknologi Pengolahan Limbah, Teknik Analisa Lingkungan, Biokonservasi Hayati). Profil Lulusan Jurusan Bioteknologi Undhira Bali yaitu: Manager (Quality Control/Assurance, Field Manager, Production), Researcher (Peneliti & analis kesehatan, pangan, lingkungan), Edutrainer (Pendidik), Consultant (konsultan) dan Bioentrepreneur (Pengusaha). Kebutuhan industri terhadap tenaga kerja bioteknologi meningkat setiap tahun sehingga lulusan bioteknologi Undhira Bali terserap 100% di dunia kerja/industri.

Visi :

“Menjadi Program Studi yang teladan dan berkarakter dalam bidang konservasi biodiversitas serta memiliki keunggulan dari segi kualitas akademis, professional, berbudaya dan ditunjang oleh perkembangan IPTEK pada tahun 2024”

Misi :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan dalam bidang biologi dan bioteknologi dengan tidak hanya memberikan teori keilmuan tetapi juga aplikasi praktis di area konservasi biodiversitas beserta faktor pendukungnya yang berada di Bali dan sekitarnya.
  2. Menyelenggarakan pendidikan karakter kepada mahasiswa yang akan mampu membentuk pribadi yang percaya diri berintegritas, menghargai keberagaman, menumbuhkan jiwa kewirausahaan, kepemimpinan, professional dan mendunia dalam mengelola dan menciptakan program pelestarian lingkungan  berkelanjutan.
  3. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian pengelolaan dan pelestarian biodiversitas serta aplikasinya yang berbasis kearifan lokal.
  4. Meningkatkan kemitraan dengan stakeholder dalam melaksanakan pendidikan,  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang biologi dan bioteknologi serta aplikasinya.
  5. Mengembangkan jejaring kerjasama dengan berbagai instansi, baik dalam maupun luar negeri terkait bidang biologi dan bioteknologi, untuk mengembangkan wawasan keilmuan.