S1 – Perekam dan Informasi Kesehatan (Terakreditasi B)

Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan (PIK) merupakan program studi yang dibuka untuk mencetak tenaga yang profesional di bidang analisa data pasien di pusat pelayanan kesehatan dengan menggunakan kemajuan teknologi informasi. Program Studi ini adalah yang pertama kali ada di Indonesia dengan jenjang Strata-1 (S1).

Seorang sarjana PIK diharapkan mampu membuat sistem pencatatan  yang komprehensif dan akurat secara elektronik (Electronic Medical Record) tentang keberadaan pasien, yang selanjutnya dapat memberikan masukan kepada manajemen institusi kesehatan (rumah sakit) sebagai bahan evaluasi performance sumber daya yang terlibat di dalam pelayanan.

Di masa sekarang, kebutuhan akan tenaga PIK sangat tinggi, dan diprediksi akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan sampai saat ini belum ada satupun institusi kesehatan yang mempunyai lulusan Sarjana PIK (S-1), sehingga peluang kerja sangat terbuka. Disamping itu juga dengan adanya isu tentang asuransi kesehatan bagi setiap warga negara, penanganan hukum kesehatan, register kanker, dan penggunaan rekam medis elektronik, maka peran Sarjana PIK akan lebih besar.

Visi Program Studi Perekamdan Informasi Kesehatan:

Menjadi program studi perekam dan informasi kesehatan yang mampu menghasilkan lulusan yang profesional, unggul dan teladan serta berakhlak di bidang rekammedik dan bertaraf internasional pada tahaun 2020.

Misi Program Studi Perekamdan Informasi Kesehatan:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang unggul dengan didukung manajemen internal yang baik dan suasana akademis yang unggul.
  2. Menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, profesional dan bermoral
  3. Menjadikan program studi PIK sebagai pusat kajian dalam bidang Perekam dan Informasi Kesehatan.
  4. Menyelenggarakan penelitian di bidang rekam medis dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu berkontribusi di dalam meningkatkan kualitas layanan di institusi kesehatan.
  5. Menjadi mitra kerja yang profesional dengan institusi kesehatan baik di tingkatnasional, maupun international dalam bidang perekam dan informasi kesehatan.
  6. Menyelenggarakan pegabdian masyarakat yang berorientasi kepada bidang kesehatan non medis (prosedur administrasi kunjungan pasien ke rumah sakit atau institusi kesehatan lainnya), sehingga masyarakat mengetahui secara jelas prosedur yang harus ditempuh bilamengguanakn fasilitas kesehatan tersebut.

Sarjana PIK diharapkan mampu mengisi posisi tenaga rekam medis di berbagai tempat meliputi:

  1. Rumah sakit
  2. Klinik perawatan
  3. Balai pengobatan
  4. Praktek dokter
  5. Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat
  6. Departemen Kesehatan
  7. Perusahaan Asuransi
  8. Perusahaan-perusahaan yang terkait dengan asuransi.

Selain itu lulusan PIK juga bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi (S2) dan bisa mengisi posisi tenaga pengajar (dosen) PIK.

Lama studi di Program Studi PIK adalah selama kurang lebih 4 tahun yang bisa diambil selama 8 semester dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Adapun fasilitas-fasilitas yang ditawarkan meliputi:

  • Ruang kuliah yang luas dan nyaman (dilengkapi dengan AC dan LCD Proyektor)
  • Tenaga Dosen yang baik dan berkompeten di bidangnya masing-masing
  • Proses administrasi yang berjalan mudah dan cepat, dan
  • Suasana kampus yang bersih dan hijau dilengkapai dengan sarana dan prasarana olah raga yang memadai.