S1 – Teknik Informatika (Terakreditasi)

Program Studi Teknik Informatika merupakan salah satu program studi dengan jenjang Strata 1 (S-1) yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan, Sains dan Teknologi Universitas Dhyana Pura sesuai dengan SK. MENDIKNAS. RI. NO. 142/E/O/2011 tanggal 7 Juli 2011.

Prodi Teknik Informatika Universitas Dhyana Pura Bali menghasilkan lulusan dengan gelar Sarjana Komputer (S.Kom). Lulusan Prodi Teknik Informatika Universitas Dhyana Pura Bali diharapkan memiliki integritas tinggi di bidang Ilmu Komputer,  didukung oleh kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan teknologi informatika, bersikap terbuka, cerdas, terampil, dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.

Prodi Teknik Informatika Universitas Dhyana Pura Bali menerima mahasiswa dari berbagai jurusan/bidang keilmuan baik SMA maupun SMK, bahkan profesional yang ingin lebih meningkatkan kemampuan ICT nya dalam bidang pekerjaan yang digelutinya saat ini.

Visi :

Menjadi Program Studi Teknik Informatika yang menghasilkan lulusan yang profesional dan berkarakter, menjadi unggul dan teladan dalam bidang soft computing dan mobile computing pada tahun 2020.

Misi :

  1. Menyelenggarakan proses pembelajarandalam bidang teknik informatika untuk menghasilkan sarjana yang berkualitas akademik unggul dalam bidang soft computing dan mobile computing, yang mempunyai keahlian dan siap bersaing dalam pasar professional, dan/atau siap menciptakan peluang kerja baru.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan keilmuan teknik informatika khususnya bidang soft computing dan mobile computing.
  3. Mengikutsertakan mahasiswa untuk aktif dalam pertemuan pembentukan 7 karakter Universitas Dhyana Pura.
  4. Menyebarkan hasil penelitian melalui publikasi, kaji tindak dan penerapan teknologi inovatif pada masyarakat.
  5. Melakukan kerja sama dengan pihak pengguna lulusan seperti pemerintah, swasta dan masyarakat dalam penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi.

Tujuan :

Menghasilkan lulusan yang :

  1. Mampu menyerap, mengaplikasikan dan mengembangkan teknologi informasi di bidang soft computing, atau mobile computing serta memiliki daya saing kemandirian, dan integritas yang tinggi.
  2. Dapat menguasai teknologi informasi dan komunikasi serta dapat meningkatkan kemampuan secara mandiri dalam memberi konstribusi secara positif sebagai sumbangan nyata kepada masyarakat.
  3. Mempunyai kemampuan dalam mengembangkan keilmuan yang dimiliki melalui penelitian dan bertindak dengan pengembangan 7 karakter Universitas Dhyana Pura sebagai softskill antara lain percaya diri, integritas, keberagaman, pemimpin yang melayani, kewirausahaan, proffesional dan mendunia.

Keunikan Program Studi :

Program Studi Teknik Informatika (PSTI) Universitas Dhyana Pura (Undhira) dibuka untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang profesional dalam bidang ICT terutama untuk mendukung kebutuhan di bidang Software Engineering, Database Technology/Applied Database, Network Technology/Applied Network, Interactive Multimedia, dan Intelligence System. Yang membedakan PSTI Undhira dengan kampus IT lainnya di pulau Bali adalah fokus kompetensi pembelajaran dari level basic sampai dengan level keahlian dengan lebih banyak kepada praktik system analyst, robotic programming, movie maker production, dan pemodelan 3D menggunakan software Open Source seperti Blender disamping penggunaan software original pada setiap pembelajaran yang menggunakan laboratorium komputer namun dengan biaya yang sangat terjangkau dan bisa dicicil setiap bulannya. Hal ini memungkinkan kepada setiap lulusan SMA/SMK dari jurusan/bidang peminatan/bidang keahlian apapun untuk dapat memiliki kemampuan di bidang ICT secara baik dan siap dalam tantangan dunia kerja.

Dosen :

6 orang dosen tetap bergelar Magister (S2), 1 orang dosen praktisi bergelar Doktor (S3), 2 orang dosen praktisi bergelar Magister (S2) dari Universitas Udayana.

Kompetensi Utama Lulusan :

  1. Menguasai dasar?dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang rekayasa perangkat lunak, basis data, networking dan e-learning.
  2. Memahami perkembangan teknologi informasi pada tingkat lokal, nasional, dan internasional.
  3. Menguasai metodologi penelitian berbasis teknologi informasi.
  4. Memiliki keahlian interpersonal skill dan jiwa kewirausahaan berbasis teknologi informasi.
  5. Mampu memberikan kontribusi positif dalam mendorong penguatan institusi lokal.

Kompetensi Pendukung Lulusan :

  1. Mampu memberikan ide/gagasan yang orisinil, kritis, dan komprehensif yang berorientasi pada pemecahan masalah dibidang teknologi informasi dan pembangunan.
  2. Mampu menganalisis sysem dan teknologi informasi di institusi lokal.
  3. Bersikap kritis, inovatif, kreatif dan komunikatif dalam menanggapi perkembangan teknologi global.
  4. Memiliki semangat dan jiwa kewirausahaan.
  5. Membangun relasi dengan dunia kerja, komunikasi dan kerja sama dengan semua orang secara efektif, benar dan etis.
  6. Membangun perilaku dan etika dalam bisnis.
  7. Menunjukkan nilai-nilai religiositas.
  8. Mampu bekerja keras.
  9. Mampu berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tulisan dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing.
  10. Mampu membangun jaringan secara personal dan kelembagaan.
  11. Memiliki keahlian dalam memanfaatkan teknologi informasi.
  12. Memiliki kepedulian lingkungan yang tinggi.
  13. Memiliki kemampuan softskill dan hardskill yang memenuhi kebutuhan tenaga kerja.

Kompetensi Lain Lulusan :

  1. Membangun relasi dengan dunia kerja, komunikasi dan kerja sama dengan semua orang secara efektif, benar dan etis.
  2. Membangun perilaku dan etika dalam bisnis.
  3. Menunjukkan nilai-nilai religiositas.
  4. Mampu bekerja keras.
  5. Mampu berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tulisan dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing.
  6. Mampu membangun jaringan secara personal dan kelembagaan.
  7. Memiliki keahlian dalam memanfaatkan teknologi informasi.
  8. Memiliki kepedulian lingkungan yang tinggi.
  9. Memiliki kemampuan softskill dan hardskill yang memenuhi kebutuhan tenaga kerja.

 Prospek Lulusan Teknik Informatika :

Bidang aplikasi komputer sangat luas, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan Teknik Informatika. Jenis pekerjaan yang tepat untuk lulusan Teknik Informatika antara lain adalah: Programmer, Sistem Analis, Web Designer, Software Engineer/Web engineer, Computer network/Data Communication Engineer, Instansi Pemerintah dan Lembaga Penelitian, Lain-lain (perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, konsultan atau dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dll).