KINEMATIKA 9 FISIOTERAPI UNDHIRA: PENGABDIAN MASYARAKAT BIDANG KESEHATAN DI DESA TIMPAG TABANAN

kinematika 9 fisio

Bertemakan “Kinematika 9 Setate Kenak Sareng Fisioterapi Undhira”, Program Studi Fisioterapi Universitas Dhyana Pura (Undhira) kembali mengadakan pengabdian masyarakat KINEMATIKA dalam bentuk pelayanan kesehatan, kali ini bertempat di Desa Timpag, Kerambitan, Tabanan. Kinematika berlangsung 6-10 Februari 2018 dengan sasaran setiap lapisan masyarakat setempat dari anak-anak SD sampai warga lansia.

Kegiatan rutin tiap semester Mahasiswa Prodi Fisioterapi ini dibuka secara resmi oleh Rektor Undhira Dr. Made Nyandra, Selasa (6/2). Beliau didampingi oleh Wakil Rektor I bidang akademik Dr. IGB Rai Utama dan WR II Bidang Operasional Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi. Tampak juga undangan yang hadir perwakilan Camat Kerambitan, Perbekel Desa Timpag, Ketua Himpunan Orang Tua Mahasiswa Fisioterapi Undhira, dan beberapa Dosen Fisioterapi Undhira.

kinematika 9 fisio1

Rektor Undhira Dr. Made Nyandra menyampaikan pada pidatonya bahwa Fisioterapi Undhira mempunyai program tahunan untuk membantu masyarakat, tahun ini kembali diadakan di tengah-tengah masyarakat setelah tahun lalu diadakan di kampus Undhira. Program ini mempunyai tujuan membantu pelayanan kesehatan terutama di bidang fisioterapi secara gratis, kegiatan ini juga sebagai bahan dan pengalaman mahasiswa terjun ke masyarakat setelah mendapatkan teori dan praktek di kampus. Upaya yang juga dilakukan oleh Prodi yaitu mendatangi atau menjemput masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan menggunakan mobil Fisioterapi keliling yang sudah disiapkan oleh Prodi. Ini merupakan kegiatan mulia membantu orang dan kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Timpag terutama kepada Perbekel sudah mau menerima mahasiswa prodi Fisioterapi melaksanakan pelayanan kesehatan gratis  dan mengaplikasikan ilmu teori dan praktek yang meraka dapat di kampus di Desa Timpag ini, Ujar Dr. Made Nyandra menutup sambutannya.

kinematika 9 fisio2

 “Menggunakan Bahasa Daerah Bali sebagai tema, Fisioterapi Undhira ingin memasyarakatkan Ilmu Fisioterapi itu sendiri”, ujar Antonius Tri Wahyudi, M.Erg (Kaprodi Fisioterapi Undhira). Lebih lanjut, Bapak Tri menjelaskan bahwa banyak kalangan yang belum paham apa itu fisioterapi. Oleh karena itu, kami dari Prodi Fisioterapi Undhira berupaya mensosialisasikan ilmu ini ke masyarakat terutama ke desa-desa dengan mengadakan kegiatan-kegiatan seperti ini. “Tahun ini kami mengadakan kegiatan ini di Desa Timpag, Tabanan dengan mengajak kurang lebih 150 orang mahasiswa, melakukan kegiatan pelayanan gratis selama 5 hari dan juga mengajak masyarakat Desa Timpag untuk hidup sehat dengan kegiatan jalan santai dan senam”, sambung Bapak Tri.

kinematika 9 fisio3

Ketua Panitia Pelaksana I Gede Mediastama S. Soekaratha, S.Fis menyampaikan bahwa banyak pihak yang juga membantu terlaksananya kegiatan ini, dan salah satunya yaitu Yayasan Amaraanee, yayasan yang membantu pasien dalam upaya pemulihan dan penyembuhan pasca Stroke.

Undhira selalu berkomitmen untuk melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mewujudkan Visi menjadi Teladan dan Unggulan. Mewujudkan output mahasiswa yang competent, confident dan competitive dengan selalu melibatkan mahasiswa melakukan kegiatan dan pelayanan ke tengah masyarakat agar nantinya mahasiswa siap untuk terjun ke dunia kerja dan bersosialisasi di masyarakat.