Pengabdian Masyarakat Prodi Guru Pariwisata di SMK Wira Harapan

Pengabdian Masyarakat Prodi Guru Pariwisata

Program Studi Pendidikan Guru Pariwisata Universitas Dhyana Pura (Undhira) mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan jajanan Nusantara di SMK Wira Harapan pada 27/09 dan 03/10. Pelatihan ini merupakan wujud pengabdian masyarakat sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Undhira selalu mendorong semua prodi, dosen, dan mahasiswa untuk menggalakkan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya Penelitian dan Pengadian kepada masyarakat.

Mahasiswa yang ada di Undhira harus memiliki kreatifitas, pemikiran yang kritis, inovatif, dan memiliki semangat juang yang tinggi. Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan agar dosen dan mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan di kehidupan nyata dan mendukung pilar pendidikan yaitu learning to live together.

Ketua Program Studi Pendidikan Guru Pariwisata, Dra. Erpia Ordani Astuti, M.Pd., menjelaskan bahwa tujuan dari pengabdian yang diadakan di SMK Wira Harapan Tegaljaya adalah memberikan pelatihan kepada para siswa tentang pembuatan jajanan nusantara. Saat ini, jajanan nusantara seolah “mati suri”, banyak anak-anak atau siswa yang lebih mengenal jajanan/kue impor seperti pizza, burger dan sebagainya. Karenanya, Prodi Pendidikan Guru Pariwisata berinisiatif untuk mengadakan pengabdian di SMK Wira Harapan untuk menambah keterampilan siswa membuat jajanan nusantara dan tentunya mengenalkan berbagai program studi yang ada di Undhira.

Salah satu siswi SMK Wira Harapan, Gayatri, mengatakan bahwa dia sangat antusias untuk belajar tentang pembuatan jajanan nusantara apalagi didampingi oleh kakak mahasiswa yang sudah lebih berpengalaman, dan mengharapkan kegiatan pengabdian seperti ini akan terus dilakukan di sekolahnya. Kegiatan pengabdian masyarakat diharapkan dapat semakin mendekatkan Undhira ke masyarakat, dengan melibatkan dosen dan mahasiswa yang kompeten, percaya diri, dan semakin kompetitif.