Polytechnic University of the Philippines Gandeng Undhira Sukses Menggelar International Research Conference on Higher Education

Polytechnic University of the Philippines Gandeng Undhira

Atas kerjasama yang terjalin melalui Asia Pacific Consortium of Researchers and Educators (APCORE), Polytechnic University of the Philippines (PUP) sebagai salah satu universitas terbesar di Filipina bermitra dengan Universitas Dhyana Pura (Undhira) menyelenggarakan konferensi riset tingkat internasional yang mengambil tema “Optimizing Research Innovations Through International Partnership and Collaborations” di Grand Inna Bali Beach Sanur, 24-27 Januari 2018.

Konferensi yang bertajuk International Research Conference on Higher Education (IRCHE) ini menghadirkan undangan dan pembicara penting di antaranya Duta Besar Filipina untuk Indonesia, Hon. Maria Lumen B. Isleta, atase pendidikan dan kebudayaan di KBRI Filipina Dr. Hj. Lili Nurlaili, Staf Ahli Menristekdikti Prof. Dr. Paulina Pannen, Prof. Dr. Mohammad Jailani Bin Mohmmad Nor dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka, Hon. Jose Patalinjung dari Philippines Department of Schience and Technology, Dr. Kenneth Mix dan Dr. Sheyenne Krysher dari Texas State University Amerika Serikat, Dr. Prihartono sebagai Rektor Politeknik Piksi Ganesha, Dr. Ritthikorn Siriprasertchok sebagai Wakil Rektor Burapha University Thailand, dan Prof. Dr. Didik Sulistyanto dari Universitas Jember. Dengan semangat kemitraan dan kolaborasi internasional, konferensi ini mendatangkan lebih dari 250 peserta dari Indonesia, Filipina, Thailand, bahkan Nigeria, yang memaparkan pelbagai topik yang mencakup sains murni, sains terapan, kesehatan, teknologi, sosial humaniora, dan pendidikan.

Polytechnic University of the Philippines Gandeng Undhira1

Duta besar Filipina untuk Indonesia dalam sambutannya menyambut baik kerjasama antar universitas lintas negara dalam menyelenggarakan konferensi riset semacam ini, dan berharap kegiatan joint-research dapat ditingkatkan. Atase pendidikan dan kebudayaan Indonesia untuk Filipina semakin meneguhkan komitmen kerjasama lintas negara dalam bidang pendidikan dan riset salah satunya dengan melakukan tindak lanjut berupa forum diskusi daring antar para peneliti dan dosen yang hadir dalam konferensi ini. Rektor Undhira, Dr. Made Nyandra dalam sapaannya mengapresiasi kesempatan yang diberikan kepada Undhira untuk menjadi mitra dalam pelaksanaan konferensi ini di Bali. “Walaupun konferensi ini sempat ditunda selama satu bulan karena afktivitas Gunung Agung, kami bersyukur rekan-rekan peneliti, dosen, dan administrator pendidikan tinggi dapat berkumpul di Bali dan saling berbagi pengalaman sekaligus mengembangkan jejaring untuk terus bekerjasama dan berkolaborasi,” ujar Dr. Nyandra.

Polytechnic University of the Philippines Gandeng Undhira2

Melalui kolaborasi dengan pelbagai mitra internasional, Universitas Dhyana Pura semakin menampakkan eksistensinya dalam mewujudkan visi perguruan tinggi yang teladan dan unggulan. Dengan peringkat akreditasi instutisi “B” yang dimiliki, Undhira semakin mendorong peningkatan kompetensi dosen dan mahasiswanya agar siap bersaing dan berkolaborasi di kancah nasional maupun internasional.