Teknik Informatika dan Sistem Informasi Undhira Adakan Workshop dan Pengabdian Masyarakat

TiSi

Kemajuan dalam bidang teknologi sangat cepat dan pesat. Perkembangan teknologi juga membawa pengaruh kepada kehidupan sosial masyarakat, pengaruh positif dan negatif, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi wajib dicermati untuk bersaing dalam persaingan global.

Universitas Dhyana Pura (UNDHIRA) mempunyai 2 (dua) Program Studi Ilmu Komputer yaitu Prodi Teknik Informatika (TI) dan Prodi Sistem Informasi (SI), kedua Prodi tersebut berada dibawah Fakultas Ilmu Kesehatan, Sains dan Teknologi (FIKST). Prodi TI dan SI Undhira berupaya mensosialisasikan perkembangan teknologi kepada masyarakat dengan melakukan Pengabdian Masyarakat. Banyak cara dilakukan, salah satunya dengan melaksanakan Pengabdian Masyarakat dan Workshop di SMK Prshanti Nilayam Kuta, Kamis (23/11).

Kaprodi Teknik Informatika Gerson Feoh, S.Kom., MT mengatakan bahwa Pengaruh positif dan negatif perkembangan teknologi sudah pasti ada, tergantung konsumen yang menggunakanya apakah berakibat baik atau buruk.  Hampir semua orang membawa gadget atau smartphone dengan sistem operasi Android saat ini, tetapi tidak semua orang memahami apa itu Android dan kegunaannya. “Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang diperuntukkan perangkat seluler layar sentuh (touchscreen) seperti ponsel pintar atau smartphone dan tablet.  sistem operasi ini dibuat Open Source sehingga memungkinkan penggunanya untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri,” jelas Gerson.

Kegiatan pengabdian masyarakat di SMK Prshanti Nilayam Kuta dilaksanakan dalam bentuk pelatihan langsung menggunakan Android Studio sekaligus dipandu oleh Video Tutorial singkat pemrograman yang disiapkan oleh Google, “Kegiatan ini akan di pandu oleh 5 orang Dosen Prodi TI dan 15 orang mahasiswa TI untuk membantu siswa SMK Prshanti Nilayam Kuta belajar dan mengenalkan Android Studio sebagai tools resmi dari Google dalam membuat aplikasi Android, mengenalkan dasar-dasar Pemrograman Android, sekaligus mempromosikan Prodi Teknik Informatika Undhira,” Sambung Gerson yang sekaligus menjadi Koordinator Pengabdian Masyarakat tersebut.

Sedangkan Prodi Sistem Informasi memberikan pelatihan kepada guru-guru SMK Prshanti Nilayam Kuta  tentang e-Learning. “Kegiatan pengabdian masyarakat diharapkan dapat semakin mendekatkan Undhira ke masyarakat, dengan melibatkan dosen dan mahasiswa,” ujar Aulia Iefan Datya selaku ketua program studi Sistem Infromasi. Tentunya, kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan aplikasi IPTEKS yang bertujuan menjawab permasalahan nyata di masyarakat sekaligus menyiapkan mahasiswa sebagai SDM yang kompeten, percaya diri, dan semakin kompetitif.