UNDHIRA TERIMA KUNJUNGAN STUDI BANDING MAHASISWA STIE MANDALA JEMBER

UNDHIRA TERIMA KUNJUNGAN STUDI BANDING

Menindaklanjuti Nota Kesepahaman antara Universitas Dhyana Pura (Undhira) dengan STIE Mandala Jember dalam hal Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Pelatihan Sumber Daya Manusia, STIE Mandala Jember melakukan kunjungan akademik ke kampus Undhira, Selasa (7/11).

Rombongan diterima oleh Rektor Undhira Dr.dr Made Nyandra, Sp.Kj., M.Repro., FIAS, Wakil Rektor I bidang akademik dan kemahasiswaaan Dr. IGB Rai Utama, SE., M.MA., MA, Wakil Rektor II Bidang Operasional Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi, SE., MM dan Dekan Fakultas Ekonomika dan Humaniora (FEH) Dr. Jaya Pramono, S.Pd., M.Par, serta Ketua dan pengelola program studi FEH.

Rektor Undhira Dr. Made Nyandra menyambut hangat kedatangan mahasiswa dan juga Dosen pendamping yang datang ke Undhira, dan menyampaikan bahwa Undhira sangat menekankan pengembangan karakter melalui Lembaga Pembelajaran Karakter dan berbagai kegiatan termasuk Festival Karakter yang sedang berlangsung. Festival Karakter sendiri adalah puncak dari kelas pendidikan karakter yang dilaksanakan setiap hari Rabu. Undhira sengaja Festival Karakter ini sebelum Ujian Tengah Semester (UTS) pada bulan April dan November agar para mahasiswa bisa belajar efektif dalam membagi waktu dan kreatif melalui berbagai organisasi kemahasiswaan yang ada. Mahasiswa Undhira tidak hanya unggul secara hardskill, namun juga dari sisi softskill, sehingga terwujud insan yang competent, confident dan competitive. “Tujuan dari Festival Karakter ini juga membentuk rasa percaya diri dari mahasiswa dengan berbagai kegiatan seni seperti musik, tari, dan juga menumbuhkan kewirausahaan dari mahasiswa dengan membuat inkubator bisnis dengan maksud menampung ide-ide bisnis dari mahasiswa dan memberikan pendampingan,” sambung Dr. Nyandra.

Ketua Rombongan Drs. Sugiantono AR., MM sekaligus sebagai Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan STIE Mandala Jember menyampaikan bahwa rombongan mahasiswa yang ikut dalam studi banding ke Bali sebanyak 170 mahasiswa dan beberapa dosen pendamping, tetapi di bagi 2 dan hanya 85 mahasiswa yang datang ke Undhira, sebagian lagi melakukan studi banding ke kampus lain di Bali. Mahasiswa yang datang yaitu dari prodi Akuntansi, Prodi Ekonomi Pembangunan, Prodi Manajemen, dengan dosen pendamping yaitu Dra. Diana Dwi Astuti, Msi sebagai Ketua Program Studi Akuntansi, Wiwik Fitriningsih, SE., M.Akun dan Bapak Mustofa, SE., M.Si. “Kedua Lembaga sudah melakukan MoU dan kami berharap hubungan ini terus berlanjut, STIE Mandala Jember sudah berdiri selama 39 tahun tetapi banyak hal yang masih perlu kami pelajari dari Undhira terutama di bidang pengembangan karakter, dan melembagakan pembelajaran karakter,” Ujar Drs. Sugiantono.

Diadakan juga kuliah umum dalam kesempatan itu dengan menghadirkan 2 (dua) pembicara, Sunitha Devi Dosen Prodi Akuntansi Undhira memberikan kuliah Umum dengan Tema Pengaruh Enterprise Risk Management Disclosure dan Intellectual Capital Disclosure Pada Nilai Perusahaan dan pembicara kedua yaitu Dr. Ruspendi Junaedi dengan Tema Kewirausahaan Komunitas Blimbingsari.