Undhira Sambut Dili Institute of Technology: Mahasiswa Pariwisata Belajar Ecotourism

Undhira Welcomes Timorese Tourism Students

Universitas Dhyana Pura (Undhira) kedatangan rombongan 130 mahasiswa dan dosen dari Dili Institute of Technology (DIT), Timor Leste pada Kamis (28/09). Kegiatan ini merupakan rangkaian studi belajar tahun mahasiswa Fakultas Pariwisata DIT di Bali. Seperti tahun-tahun sebelumnya, sembari berwisata di Bali, mahasiswa menyempatkan singgah di kampus Undhira untuk belajar mengenai manajemen pariwisata. Kedua perguruan tinggi telah memiliki hubungan kerja yang erat sejak awal berdirinya Undhira di tahun 2011.

Di Undhira, mahasiswa DIT mendapatkan ilmu dari peneliti pariwisata sekaligus Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. I Gusti Bagus Rai Utama. Dalam paparannya, Dr. Rai Utama mengajak mahasiswa Timor Leste untuk mengeksplorasi stategi dan etika dalam perencanaan dan pengembangan objek ekowisata. Menggunakan studi kasus di Danau Tamblingan, Dr. Rai utama mendorong mahasiswa untuk merefleksikan perkembangan yang terjadi di kawasan wisata alam di Bali bagian utara tersebut dengan potensi pengembangan wisata alam di tanah asal mereka. Mahasiswa juga didorong untuk memikirkan strategi pengembangan kawasan wisata alam yang memberikan keuntungan ekonomis bagi daerah, sekaligus beretika dan berkelanjutan.

Dalam sesi interaktif dengan para mahasiswa dan dosen, dibahas konsep bahwa untuk implementasi objek ecotourism para pengembang perlu memikirkan atraksi yang menjadi inti daya tarik wisata, fasilitas pendukung, infrastruktur, transportasi, modal yang diperlukan, serta aspek keramah-tamahan bagi para pelancong. “Pariwisata harus berkualitas,” ujar Dr. Rai Utama, “yang harus terdiri dari kualitas pengalaman pelancong, kualitas manfaat ekonomi bagi wilayah, serta kualitas hidup masyarakat yang semakin meningkat karena adanya pariwisata.”

Undhira dan DIT berkomitmen untuk terus berkolaborasi dalam berbagai area, salah satunya adalah di bidang perhotelan dan pariwisata. Nampak pula dalam kunjungan ini Wakil Rektor bidang Administrasi serta Dekan Fakultas Pariwisata DIT. Wakil Rektor bidang Operasional Undhira, Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi, yang turut menyambut kontingen DIT menyatakan, “mendunia adalah salah satu dari Tujuh Karakter Undhira, oleh karena itu kami selalu mengembangkan kerja sama dengan berbagai institusi dari berbagai negara—dengan tujuan menyiapkan mahasiswa yang kompeten dan percaya diri dalam persaingan global yang semakin kompetitif.”