Universitas Dhyana Pura Launching Sistem Penjaminan Mutu Internal “Menuju Universitas Teladan dan Unggulan”

SPMI 18 okt 2014Sebagai suatu Universitas,budaya mutu merupakan hal yang sangat penting dalam usaha lembaga untuk mampu bersaing di tingkat regional maupun internasional.

Sehubungan dengan hal tersebut maka pada hari Sabtu, 18 Oktober 2014, Universitas Dhyana Pura menggelar Launching Sistem Penkjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Dhyana Pura. Dalam Launching dokumen dan penandatanganan komitmen pelaksanaan SPMI Undhira ini hadir Dr. Ir. Illah Sailah, MS selaku Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Penandatanganan komitmen ini juga disaksikan oleh Pembina dan Pengurus Yayasan Dhyana Pura, Rektor Undhira, Dr. dr. Made Nyandra, Sp.KJ., M.Repro, Wakil rektor I, I Gusti Bagus Rai Utama, SE.,M.MA, MA, Wakil Rektor II I Made Darmayasa, SE., MM, dan Para Kepala Bagian dan kepala Program studi di lingkungan Universitas Dhyana Pura.

Dalam laporannya, Jaya Poramono, S.Pd., M.Par selaku Direktur Direktorat Sistem Penjaminan Mutu Internal Undhira menyatakan bahwa Undhira senantiasa ingin mewujudkan mutu pendidikan dan pelayanan yang terbaik dan dapat mempertanggungjawabkan mutu pendidikan yang berstandar dalam mencapai visi Undhira menjadi Univesritas teladan dan unggulan dengan tetap mengembangkan kepekaan dan kecerdasan sosial dan emosional. Dalam launching SPMI ini juga diselenggarakan penandatanganan komitmen oleh civitas akademika Undhira untuk melaksanakan setiap standar dalam SPMI tersebut.

Rektor Undhira Dr. dr. Made Nyandra, SpKJ., M.Repro menyatakan bahwa atas nama seluruh civitas akademika universitas Dhyana Pura berterimakasdih atas segala pendampingan dan pembinaan yang senantiasa diberikan oleh Dikti sehingga dokumen SPMI Undhitra ini boleh terwujud. Melalui SPMI ini Undhira mencoba mewujudkan satu sistem yang bisa menjamin bahwa Undhira mampu menghasilkan lulusan yang mampu bersaing serta menjadi teladan dan unggulan. Dalam launching ini kita berkomitmen untuk berbuat, bertindak sesuai dengan sistem penjaminan mutu internal yang ada. Memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik dengan kekhususan dan keunikan yang dimilki sehingga selalu berusaha untuk menjadi yang terdepan. Dengan tidak mengesampingkan pendidikan 7 karakter dalam setiap hari rabunya sehingga lulusan yang dihasilkan tidak hanya cerdas secara akdemik namun juga unggul secara moral, etika dan kepribadian.

Dalam sambutannya Dr. Ir. Illah Sailah, MS meyatakan bahwa mutu adalah segalanya dalam pendidikan tinggi. Seseorang yang memiliki pendidikan yang bermutu akan memiliki tingkat pengetahun yang dapat diandalkan dan memiliki hati yang bisa bertanggungjawab kepada negara. Undhira yang saat ini telah memiliki Sistem Penjaminan Mutu Internal ini hendaknya mengusung budaya mutu dalam memberikan pelayanan pendidikan sehingga mampu memberikan pelayanan yang prima yang tidak hanya dalam bentuk wacana tetapi senantiasa dipercakapkan kemudian ditularkan kepada seluruh civitas akademikan Undhira untuk segala level sehingga pada akhirnya akan memiliki persepsi yang sama untuk mencapai harapan dari satu pendidikan tinggi yakni menghasilkan insan yang cerdas dan berdaya saing.

Undhira yang saat ini memiliki 13 progdi yang telah terakreditasi yaitu yaitu S1 Manajemen, S1, Sastra Inggris, S1 Psikologi, S1 PG Paud, S1 PG PKK, D3. Pemasaran, S1, Perekam Medis dan Informasi Kesehatan, S1 Fisioterapi, S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Gizi, S1 Biologi, S1 Sistem Informasi, S1 Tehnik Informatika. Undhira juga memiliki Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata (PPLP) dengan program pelatihan 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun senantiasa berusaha untuk memberikan jaminan pendidikan terbaik bagi generasi penerus bangsa.