Undhira Bali Gelar Workshop Kurikulum KKNI DAN Sosialisasi Pakerti Dan Metode Pembelajaran Modern (e- Learning)

KKNI Bali Post.

Dalam rangka meningkatkan kurikulum pendidikan dan tenaga pendidik, Universitas Dhyana Pura melakukan Workshop Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan nara sumber Prof. Dr. I Nyoman Dantes dan Sosialisasi Metode Pembelajaran dan Pakerti dengan nara sumber Prof. Dr. AA Istri Ngurah Marheni, MA yang dilaksanakan selama 5 hari yakni dari tanggal 19 – 23 Oktober 2015.

Hadir dalam workshop tersebut Rektor Universitas Dhyana Pura Undhira Dr. dr. Made Nyandra, Sp.KJ., M.Repro, FIAS, Wakil Rektor I Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE, M.MA., MA.,Wakil Rektor II Dr. I Wayan Ruspendi Juanedi, SE, MA, para Ketua Program Studi,  Sekretaris Prodi dan para dosen dari 13 program studi yang ada di Universitas Dhyana Pura.

Dalam sambutannya Rektor Undhira menyatakan untuk mencapai visi Undhira yakni menjadi universitas teladan dan unggulan  maka diperlukan Kurikulum dan tenaga pendidik yang memiliki daya saing di tingkat nasional dan internasional. Kami berterimakasih atas kesedian dua guru besar yang telah berpengalaman ini untuk berbagai ilmu dan pengalamannya yang senantiasa memberi inspirasi bagi para Kaprodi dan Sekprodi sehingga mampu merancang kurikulum yang mengacu kepada KKNI. Demikian juga dengan dosen tetap yang dimiliki oleh Universitas Dhyana Pura perlu mendapatkan pembekalan tentang metode Pembelajaran dan Pakerti untuk mampu menyampaikan materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum KKNI yang telah dirancangnya.

Dalam suatu proses pembelajaran, ada tiga komponen penting yaitu input, proses dan outcome. Dalam proses ada tiga hal yaitu SDM, tenaga pendidik kurikulum dan penunjang  sehingga diperlukan pengetahuan dan ketrampilan dalam menyusun kurikulum KKNI. Demikian disampaikan oleh Prof. Dr. I Nyoman Dantes selaku nara sumber dalam seminar ini. Ada 6 elemen kompetensi kurikulum antara lain Nasionalisme dan Karakter Bangsa, penguasaan akademik kependidikan, penguasaan ilmu pengetahuan, logika, teknologi, seni dan olahraga, kemampuan dan ketrampilan berkarya, sikap dan prilaku berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu yang dikuasai serta penguasaan kaidah kehidupan bermasyarakat.

Kepala Lembaga Pengembangan Metode Pembelajaran Undhira, Dr. Christimulia Purnama Trimurti, SE, SH, MM selaku Ketua Panitia workshop menyatakan tingginya tingkat persaingan serta hadirnya pasar bebas Asean 2015 dan pasar bebas dunia 2020 maka workshop ini sangat penting dilakukan untuk mencapai capaian pembelajaran yang memiliki daya saing di tingkat global.