Undhira Gelar Forum Internasional Mahasiswa Bertema Servant Leadership

Undhira Gelar Forum Internasional

Faktor utama kesuksesan adalah sumber daya manusianya. Sebagai wujud komitmen terhadap pendidikan tinggi dan peningkatan kualitas SDM, Universitas Dhyana Pura dengan serius mengembangkan soft skills dan life skills mahasiswanya melalui pendidikan karakter. Dalam rangkaian Dies Natalis ke-6, Biro Internasional Undhira bekerja sama dengan Program Studi Sastra Inggris menggelar International Student Forum dengan tema “Servant Leadership“, Senin (12/07).

            Kepemimpinan yang melayani adalah salah satu dari Tujuh Karakter Undhira yang menjadi tema besar kampus pada tahun 2017 ini. Forum ini dihadiri oleh 125 mahasiswa yang berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa, senat mahasiswa, dan pengurus himpunan mahasiswa seluruh program studi di Undhira serta mahasiswa dari Heilbronn University Jerman yang sedang belajar di Undhira dalam program pertukaran mahasiswa. Uniknya, forum internasional ini dilaksanakan dalam Bahasa Inggris guna meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa Undhira dalam beinteraksi dengan mahasiswa asing.

Forum dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. IGB. Rai Utama SE., MMA., MA. Dalam Sambutannya Dr. Rai Utama menyampaikan bahwa kepemimpinan merupakan suatu seni dan ilmu untuk mempengaruhi orang lain, sehingga dari orang-orang yang dipimpin timbul suatu kemauan, respect dan kepercayaan terhadap pemimpin untuk mencapai tujuan organisasi. “Kepemimpinan yang melayani merupakan salah satu gaya kepemimpinan dengan mengutamakan pelayanan terlebih dahulu, maksudnya seorang pemimpin tidak otoriter tetapi selalu mengajak bawahannya untuk sama-sama maju dengan pemimpin menjadi contoh” Ujar Dr. Rai Utama.

            Forum internasional ini menghadirkan Ni Nyoman Clara Listya Dewi sebagai pembicara utama. Clara adalah Duta Bahasa Nasional 2016, Duta Bahasa Provinsi Bali 2016, dan pernah menjabat sebagai Presiden BEM Universitas Udayana 2015-2016. Dalam presentasinya, Clara menjelaskan sepuluh karakter kepemimpinan yang melayani, antara lain menjadi pendengar yang baik, memiliki empati, memberikan semangat dan support, peduli terhadap bawahan, persuasif, mampu menjadi konseptor yang baik, memiliki pandangan ke depan, serta berkomitmen untuk memajukan organisasi bersama-sama.

            Usai pembicara utama, peserta forum dibagi ke dalam kelompok diskusi yang dipandu oleh mahasiswa dari Heilbronn University, membahas kepemimpinan mahasiswa di Undhira utamanya mengenai implementasi kepemimpinan yang melayani dalam kehidupan kampus dan keorganisasian mahasiswa. Pada akhir acara, para fungsionaris mahasiswa dan pengurus organisasi kemahasiswaan menyatakan dan menandatangani resolusi bersama yang menggarisbawahi komitmen mahasiswa Undhira untuk mengembangkan suasana kepemimpinan yang melayani di lingkungan kampus.

            Universitas Dhyana Pura berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh mahasiswa, termasuk mengembangkan pembelajaran karakter guna meningkatkan life skills calon-calon pemimpin muda Undhira dari keempatbelas program studi yang ada di Undhira.