Lembaga Akreditasi Mandiri Sains, Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA), melakukan Asesmen Lapangan kepada Program Studi Biologi, Universitas Dhyana Pura, Kamis- Jumat (8-10 Desember 2022). Asesor yang ditunjuk oleh LAMSAMA untuk melakukan Asesmen Lapangan (AL) di Prodi Biologi yaitu Prof. Dr. Fida Rachmadiarti, M.Kes dari dari Universitas Negeri Surabaya dan Dra. Gratiana Ekaningsih Wijayanti, M.Rep.Sc,Ph.D. dari Universitas Jenderal Soedirman.

Asesmen Lapangan yang dilaksanakan ini adalah berdasarkan keputusan rapat dari Dewan Eksekutif LAMSAMA tentang hasil asesmen kecukupan yang menyatakan bahwa Program Studi Biologi Undhira dinyatakan lolos ke tahap asesmen lapangan. Asesmen Lapangan Prodi Biologi diadakan secara luring. Adapun yang terlibat dalam kegiatan Asesmen lapangan (AL) tersebut Rektorat, Dekan FKST, Kaprodi dan Staf Prodi Biologi, Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian di Lingkungan Universitas Dhyana Pura.

Pembukaan Asesmen Lapangan dilaksanakan pada Hari Kamis 8 Desember pukul 14.00. Rektor Undhira Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE., M.MA., MA menyampaikan gambaran umum mengenai Universitas Dhyana Pura yang menyelenggarakan 16 Program Studi dengan 3 Fakultas yang dimiliki. “Masukan, saran dan nasehat dari asesor dalam Asesmen Lapangan ini, akan kami jadikan sebagai acuan dalam perbaikan dan pengembangan Fakultas Kesehatan, Sains dan Teknologi khususnya di Prodi Biologi”. Ujar Dr. Rai Utama.

Prof. Fida Rachmadiarti menyampaikan bahwa tujuan dari Asesmen Lapangan adalah melakukan klarifikasi, verifikasi data mengenai Laporan Evaluasi Diri, Laporan Kinerja Program Studi Biologi dan meninjau secara langsung sarana dan prasarana , laboratorium dan beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Dhyana Pura khususnya Prodi Biologi. “Apapun hasil dari Asesmen Lapangan adalah merupakan keputusan dari LAMSAMA, kami sudah memotret, mengklarifikasi data seperti adanya melalui diskusi dengan alumni, mahasiswa, tenaga kependidikan dan pengambil kebijakan. Kami melihat komitmen pimpinan yang sangat tinggi dalam mensupport prodi khususnya prodi biologi pada saat dilakukan asesmen lapangan.” Ujar Prof. Fida Rachmadiarti.

Ditambahkan oleh Dra. Gratiana Ekaningsih Wijayanti, M.Rep.Sc, Ph.D berdasarkan diskusi dengan mahasiswa bahwa beberapa produk, hasil pengembangan dosen dan mahasiswa sudah mulai diperdagangkan bekerjasama dengan UMKM tingkat provinsi, ini merupakan aset yang bagus, disamping menjadi indikator luaran Tri Dharma, apabila dikembangkan akan menjadi produk yang dapat dikembangkan untuk NGO untuk penghasilkan bagi Fakultas. “Kami berharap untuk ditindaklanjuti supaya bisa lebih bermanfaat”. Terang Dra. Gratiana Ekaningsih.

X