Dalam dunia yang sedang distruptif,  semua serba berubah dengan begitu cepat. Hampir semua bidang tergagap – gagap menjalani perubahan tersebut. Demikian juga perubahan yang terjadi pada dunia pendidikan di era digital. Ditambah dengan adanya pademi covid 19 membuat semua insan pendidikan dipaksa untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada sembari menyesusikan diri hidup di era new normal di masa pandemi. Perubahan secara khusus yang terjadi bidang pendidikan, yakni Learning Management System (LMS) yang merupakan platform pembelajaran daring (online learning) yang dirancang khusus untuk memudahkan para pengajar dan pelajar/mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh.  Universitas Dhyana Pura dalam rangka mengembangkan  kompetensi dan kinerja dosen maupun mahasiswa telah membuat layanan Sistim Pembelajaran Daring Undhira yang dikenal dengan SiPandU.

SiPandU yang dikreasi dan diinovasi oleh Putu Wida Gunawan, S.Si., M.Cs., MO. bersama TIM  dari Program Studi Teknik Informatika Undhira, telah diluncurkan pada 16 Februari 2021 merupakan respon atas perubahan yang terjadi. Namun kini belum semua dosen mengimplementasikannya. Dalam mengoptimalkan layanan SiPanDU, Bagian Pengembangan Metode Pembelajaran & Mata Kuliah Umum Universitas Dhyana Pura ( BPMP-MKU Undhira) menyelenggarakan Penyegaran Learning Management System – SiPanDu pada Senin, 6 September 2021. Acara bimbingan tehnis aplikasi SiPanDu  secara daring tersebut diikuti oleh 129 dosen tetap di Lingkungan Undhira dengan menghadirkan sang kreator SiPanDU yakni Wida Gunawan seorang dosen Program Studi Teknik Informatika Undhira. Bimtek tersebut dibuat agar para dosen segera mampu mengimplementasikannya. Untuk para mahasiswa yang akan mengimplementasikan bisa mempelajari melalui tutorial https://youtube.com/channel/UCwjylq5iph7b7YvhkqpOM-w

Sistim Pembelajaran Daring Undhira (SiPanDU) kini telah tersinkron dengan layanan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Dikti. Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ni Made Diana Erfianai menyampaikan bahwa “mulai semester sekarang, semua dosen dan mahasiswa wajib mengimplementasikannya SiPanDU”. Acara bimtek penyegaran tersebut dibuka oleh Wakil Rektor II Dr. R Tri Priyono Budi Santoso dan Kepala BPMP-MKU Undhira I Putu Pranata, SE., M.Pd. sebagai penyelenggara telah mengawali pemahaman akan pentingnya SiPanDu. “adanya LMS-SiPanDU akan mengatasi berbagai persoalan kompleks dalam pembelajaran daring secara sinkronus dan dapat dikembangkan dalam bentuk pembelajaran asinkronus untuk mengatasi keterbatasan kuota belajar mahasiswa.  SiPanDU merupakan sistem yang diharapkan memudahkan mahasiswa, dosen dan program studi dalam penyelenggaraan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam proses perubahan dunia yang sedemikian cepat. SiPanDU membantu dosen agar mampu mengelola pembelajaran daring dengan baik. SiPandU hanyalah sebuah sistem dan dosen sebagai sumber belajar harus tetap dituntut cermat dalam menyiapkan materi, strategi pembelajaran, dan instrumen yang tepat dalam evaluasi pembelajaran.” demikian penjelasan I Putu Pranata.

Pada akhir acara bimtek tersebut, Rektor Undhira Dr. I Gusti Bagus Rai Utama menyampaikan bahwa “ Kita tidak ada yang tahu kapan pandemi ini berakhir, yang kita harus sadari bahwa kita harus segera berubah untuk menyesuaikan tanpa harus menunggu dan berharap kapan pandemi berakhir. Kita harus melakukan adaptasi tehnologi seperti LMS ini. Ke depan hanya mata kuliah praktikum saja yang dilakukan tatap muka. Kita harus menyadari bahwa kesulitan yang kita hadapi sekarang ini adalah kesulitan bersama seluruh perguruan tinggi, untuk itu kita akan terus belajar jangan sampai kendor. Kita harus pasang target agar SiPandU segera terimplementasi. Kita harus berani mengambil langkah besar dan yakin bahwa nanti dikedepannya akan terlahir dosen besar di Undhira.“ demikian pesannya.

Salam Teladan dan Unggulan

Humas Undhira.