Senin (18/7), Fakultas Ekonomika, Bisnis dan Humaniora menjalin kerja sama dengan Fakultas Sastra Universitas Warmadewa dan Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati. Kerja sama ini dilakukan sebagai tindak lanjut MOU yang sudah ditandatangani lebih dahulu antara Rektor Universitas tersebut. Penandatanganan kerja sama ini dilakukan di Gedung Pascasarjana Universitas Warmadewa.

Dekan Fakultas Sastra Universitas Warmadewa, Prof. Dr. Nyoman Kardana, M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan bahwa baik bagi 3 Universitas yang telah menjalin kerja sama ini untuk menyatukan misi dan kekuatan dalam membina mahasiswa, guna mengimplementasikan kegiatan MBKM. Lebih lanjut Prof. Dr. Nyoman Kardana, M.Hum menyampaikan bahwa saat ini kita tidak bisa lagi menutup diri tapi harus membuka diri kepada prodi sejenis, stakeholder, dan masyarakat. Kita harus bisa memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar output siap untuk menghadapi berbagai tantangan di dunia kerja setelah menyelesaikan studi di institusi masing-masing.

Dr. Gusti Ngurah Joko Adinegara, S.E., MA., Dekan Fakultas Ekonomika, Bisnis dan Humaniora UNDHIRA dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama ini 3 program studi sastra inggris dari 3 institusi telah bekerja sama dan berkolaborasi dengan baik dalam pelaksanaan kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Dengan adanya Program MBKM, Dr. Gusti Ngurah Joko Adinegara, S.E., MA. berharap akan memberi kesempatan lebih besar untuk saling berkolaborasi dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa. Beliau juga berharap dengan sinergisitas ini bisa memberi pengalaman lebih tidak hanya bagi mahasiswa, namun juga bagi para dosen.

Sejalan dengan kedua Dekan tersebut di atas, Dekan Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati, I Komang Sulatra, S.S., M.Hum menyampaikan aktivitas kerjasama seringkali sudah sering dilaksanakan sejak dulu dengan Prodi Sastra Inggris Undhira dan Warmadewa, serta mendukung bahwa kolaborasi ini sangat membantu meningkatkan kualitas mahasiswa di ketiga institusi. Lebih lanjut, I Komang Sulatra, S.S., M.Hum berharap jika ada kendala dalam pelaksanaan kolaborasi ini, agar tidak dijadikan sebagai batu sandungan, tapi dapat dicarikan solusi terbaik agar kegiatan tetap berjalan dengan lancar sehingga mahasiswa dan dosen tetap merasakan manfaat dari kolaborasi MBKM ketiga institusi.

Dalam kegiatan ini Kaprodi Sastra Inggris Undhira, Putu Chrisma Dewi, S.S., M.Hum dan Sekretaris Prodi Sastra Km. Tri Sutrisna Agustia, S.S., M.Hum yang mendampingi Dekan FEBH Undhira berkesempatan untuk berdiskusi dengan struktural dan dosen dari UNWAR dan UNMAS terkait langkah nyata untuk menindaklanjuti kerja sama yang telah terjalin. Disepakati akan diadakan pertemuan lanjutan guna membahas hal ini. (mdi)

#undhirabali #teladandanunggulan #humasundhira

X