Prof. Joachim Muench beserta Rev. Eckart Stief didampingi 10 orang mahasiswa dari Universitas Kaiserslautern Jerman berkunjung ke Universitas Dhyana Pura (Undhira) Bali di Dalung, Selasa (18/10) lalu. Guru besar Universitas Kaiserslautern Jerman ini sekaligus menjadi dosen tamu pada perkuliahan umum untuk para dosen dan pimpinan Program Studi Undhira Bali.

Rombongan dari Jerman ini didampingi Pengurus Yayasan Dhyana Pura. Ketua Yayasan Dhyana Pura Dr. I Wayan Mastra dalam sambutannya menekankan Yayasan Dhyana Pura sedang menjajaki dan mengkaji kemungkinan kerja sama Universitas Dhyana Pura dengan manajemen Universitas Kaiserslautern Jerman dalam berbagai bidang seperti penelitian, pertukaran dosen dan mahasiswa.

Kehadiran Prof. Joachim Muench juga dimanfaatkan untuk memberikan kuliah umum. Dalam perkuliahannya, Prof. Joachim Muench yang didampingi Rektor Undhira Bali dr. I Made Nyandra menekankan pentingnya memahami peran serta lembaga pendidikan pariwisata seperti halnya universitas Dhyana Pura dalam mengemban misi dan visi pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Prof. Joachim juga menjelaskan panjang lebar tentang dunia pendidikan di Jerman saat ini, yang juga banyak diminati oleh para pelajar dari Indonesia.

Setelah perkuliahan umum, para mahasiswa berbagai program studi dari Universitas Kaiserslautern melakukan percakapan dan diskusi dengan para dosen dan para kepala program studi Undhira. Mereka bertukar pikiran dan pengalaman tentang situasi dan kondisi berbagai program studi di masing-masing kampus. Termasuk sistem pendidikan di kedua negara.

Perjumpaan ini diharapkan memperluas wawasan tentang situasi kondisi dunia pendidikan di Jerman dan Indonesia.

Kuliah umum dan diskusi diakhiri dengan ramah tamah bersama dalam bentuk jamuan makan siang yang disiapkan oleh para mahasiswa dari Prodi Manajemen Perhotelan Undhira Bali dan Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata (PPLP) Dhyana Pura.

Source: Balipost