Rabu (20/7), Kantor Urusan Internasional (KUI) Undhira menggelar Penutupan Program Intrapreneurship in Another Perspective (IAP) bertempat di Restaurant Gedung C Undhira. Program IAP telah dibuka dan diselenggarakan secara tatap muka mulai Bulan Maret 2022 hingga Juli 2022, setelah dua tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring karena pandemi Covid-19. Acara dibuka dalam doa oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ni Made Diana Erfiani, S.S., M.Hum.

Kepala Kantor Urusan Internasional Undhira, Ni Luh Christine Prawitha Sari Suyasa, BS., M.Par, dalam laporan implementasinya menyampaikan bahwa pada Program IAP tahun ini telah dapat berjalan dengan baik selama lima bulan yang diikuti oleh 11 mahasiswa dari Heilbronn University Germany dan 7 mahasiswa dari Undhira, yang juga dibantu oleh 8 mahasiswa yang bertindak sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Lebih Lanjut Ni Luh Christine Prawitha Sari Suyasa, BA., M.Par menyampaikan bahwa kegiatan pembelajaran juga berlangsung dengan baik berkat kolaborasi dengan Program Studi yang Undhira diantaranya Program Studi D4 Manajemen Perhotelan, Manajemen, Gizi, Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga, dan Sastra Inggris. Beliau juga menyampaikan bahwa untuk proyek individu mahasiswa program IAP membantu untuk mengembangkan bisnis mereka atau juga membantu masyarakat di sekitar kampus Undhira. Kepala KUI Undhira menyampaikan bahwa program IAP tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa dan universitas yang mengikuti program ini, namun juga secara nyata menjadi berkat bagi masyarakat di Bali. Akhir dari laporannya beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam proses pelaksanaan Program IAP di Semester ini.

Rektor Undhira, Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE., M.MA., MA. dalam sambutannya menyampaikan harapannya bagi mahasiswa dari Heilbronn University untuk dapat menyampaikan kepada keluarga, teman dan masyarakat di tempatnya berasal tentang pengalaman mereka tinggal di Bali, bahwa Bali merupakan pulau yang menerapkan pengurangan limbah plastik dan keunikan Bali. Dr. I Gusti Bagus Rai Utama berpesan ada tiga hal yang perlu diingat dan dilaksanakan yakni pertama, mampu beradaptasi terhadap laju perubahan yang disebabkan oleh globalisasi dengan mengikuti kemajuan teknologi. Kedua, menggunakan teknologi dengan sebaik-baiknya untuk hal-hal yang baik. Ketiga, tetap mempertahankan identitas asal meskipun telah belajar mengenai budaya lain. Lebih lanjut Dr. I Gusti Bagus Rai Utama juga menyampaikan sebagai bagian dari masyarakat global, kita harus berpartisipasi dalam menciptakan perdamaian dan hidup harmonis dalam perbedaan yang ada. Mengakhiri sambutannya Dr. I Gusti Bagus Rai Utama menyatakan secara resmi menutup Program IAP pada semester ini.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Sertifikat oleh Rektor Undhira kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti Program IAP yang dilanjutkan dengan foto bersama. Acara kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan kesan dari perwakilan mahasiswa yang mengikuti Program IAP. Mahasiswa dari Heilbronn University diwakili oleh Jonas Reichardt menyampaikan kesannya bahwa Ia sangat senang dapat datang dan belajar di pulau Bali yang memiliki pemandangan yang indah serta masyarakat yang ramah. Jonas juga menyampaikan bahwa selama program IAP ia tidak mempelajari teori tetapi belajar mengenai life skills. Yang lebih penting dalam pesannya Jonas menyampaikan bahwa mereka memiliki kesempatan untuk membantu masyarakat lokal dengan pengetahuan yang telah dimiliki oleh mahasiswa. Sejalan dengan Jonas, Sintya Puspita Sari sebagai perwakilan mahasiswa Undhira yang mengikuti Program IAP menyampaikan bahwa Ia mendapatkan pengalaman mempelajari hal-hal baru, meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa inggris. Lebih lanjut Sintya juga menyampaikan bahwa dalam proses pembelajaran mahasiswa tidak hanya belajar mengenai teori saja namun implikasi yang tidak hanya berpengaruh terhadap mahasiswa itu sendiri namun juga bagi masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan kesan dari perwakilan mahasiswa Undhira yang berkesempatan menjadi fasilitator selama proses pembelajaran di Program IAP dan kesan dari perwakilan dosen yang mengajar pada Program IAP. Acara penutupan Program IAP ini dihadiri oleh mahasiswa program IAP, dosen yang mengajar pada program IAP, jajaran Rektorat Undhira, para undangan dari Program Studi yang terlibat dan keluarga mahasiswa program IAP. Acara ditutup dalam doa dan diakhiri dengan ramah tamah. (mdi)

#undhirabali #teladandanunggulan #humasundhira

X