+62-361-426450 [email protected]

Bertempat di ruang  Aula E, dan A Rabu 15 Mei 2024 Rektor Universitas Dhyana Pura Prof. Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, S.E., M.MA., M.A.  membuka kuliah umum yang diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa yang ada di lingkungan Universitas Dhyana Pura.

Minat dan keingitahuan tentang materi seminar sangat menarik untuk disimak, mengingat masalah terpenting dalam hidup manusia adanya kebutuhan kesehatan. Pada opening speech, Prof. Rai Utama berharap akan bisa memahami bahwa menghindari kata-kata yang negatif itu sangat penting, bertanya akan sesuatu adalah bagian dari kebutuhan hidup, selanjutnya bagian diluar ilmu yang tidak kita tekuni atau tidak menjadi bagian kompetensi kita disebut  ilmu kehidupan, makanya ilmu kehidupan itu sangatlah penting, ujarnya.

Karenanya Rektor Prof. Rai berharap semua mahasiswa akan dapat mengikuti sampai selesai, tambahnya dengan semangat. Pembukaan kuliah umum ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 7 kali, yang juga merupakan makna tujuh karakter yang menjadi bagian landasan prilaku khususnya di lingkungan Universitas Dhyana Pura.

Turut hadir dalam kuliah umum ini Dr. Ni Made Diana Erfiani, S.S., M.Hum, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Riset dan Inovasi, Dr. I Made Elia Cahaya, S.H., S.Pd., M.Pd, Wakil Rektor 2 Bidang Keuangan, Administrasi Umum, dan SDM, Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi, S.E., MA., Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Pemasaran, Dr. Gusti Ngurah joko adi Negara M.A. S.E. Dekan Fakultas Bisnis, Pariwisata, Pendidikan, dan Humaniora, Dr. Christimulia Purnama  Trimurti, S.E., S.H., M.M, Wakil Dekan Fakultas Bisnis, Pariwisata, Pendidikan, dan Humaniora, Gerson Feoh, S.Kom., M.T. Dekan Fakultas Teknologi, dan Informatika beserta jajaran lainnya.

Sebagai narasumber dalam kuliah umum ini adalah Prof. Dr. dr. Ni Nyoman Sribudiyanti, Sp.MK(K) seorang dosen dan klinisi. Dalam perkuliahannya ini, beliau mengawali dengan merasakan kesan bahwa kampus universitas Dhyana Pura terasa sejuk, hijau dan asri.

Menariknya materi yang dipaparkan oleh narasumber Prof. Dr. dr. Ni Nyoman  Sribudiyanti, Sp.MK(K) seorang dosen dan klinisi mikrobiologi membuat para peserta kuliah terbuka penasaran untuk mengetahui lebih jauh tentang penggunaan antibiotik. Hingga catatan yang disampaikan oleh moderator berdasarkan paparan dari narasumber menghasilkan beberapa hal penting antara lain; Prinsip pemberian antibiotic harus tepat diagnosis, tepat pasien, tepat jenis antibiotic, tepat regimen dosis, waspada efek samping dan interaksi obat. Lebih lanjut Prof. Budiyanti berharap masyarakat akan lebih cerdas juga memilih tenaga kesehatan atau tempat berobat, agar mendapatkan penanganan yang baik dan professional guna mendapatkan kesehatan yang prima.

Sampai akhir perkuliahan, para peserta dengan tekun menyimak paparan yang disampaikan oleh narasumber, diselingi dengan gurauan ringan, agar suasana perkuliahan tetap menarik untuk diikuti. Salah seorang mahasiswa bersyukur bisa mengikuti kuliah umum yang diselenggarakan oleh Prodi Kesehatan Masyarakat dan, bekerjasama dengan Lembaga Tujuh Karakter Undhira.