Mahasiswa International Semester Program – Intrapreneurship in Another Perspective di Universitas Dhyana Pura yang berasal dari Jerman dan Indonesia, mengikuti perkuliahan di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung.

Drs. Putu Eka Merthawan, M.Si, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung didampingi oleh Sekretaris, Dra. Anak Agung Putu Yuyun Hanura Eny, M.Si memberikan materi perkuliahan mengenai Industri Kecil dan Menengah (IKM). Materi yang dipaparkan selaras dengan kebutuhan studi mahasiswa Internasional UNDHIRA, karena salah satu tugas akhir mahasiswa Internasional adalah membuat project yang dapat membantu peningkatan kapasitas IKM di Bali.

Putu Eka Merthawan menyampaikan bahwa Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung menaungi Industri Kecil Menengah (IKM) binaan sebanyak 1.300 IKM. IKM tersebut dibagi menjadi 3 bagian, yaitu IKM di bidang sandang, papan dan pangan. “Kami ingin meningkatkan perekonomian, khususnya di Kabupaten Badung melalui Industri Kecil Menengah, kami mengharapkan mahasiswa Undhira dan mahasiswa asing yang sedang melanjutkan studi di Undhira bisa membantu kami dalam proses pemasaran melalui e-commerce dan membantu dalam hal packaging”. Terang Putu Eka Mertawan

Kepala KUI Undhira, Ni Luh Christine Suyasa, BS., M.Par menambahkan bahwa selain belajar di Indonesia khususnya di Bali, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan ilmunya terhadap perkembangan industri kecil yang dimiliki oleh masyarakat sekitar. Sampai saat ini, interaksi mahasiswa Internasional UNDHIRA dengan masyarakat sekitar terjalin dengan sangat baik. Project atau Tugas Akhir mahasiswa sangat membantu peningkatan promosi IKM melalui sarana digitalisasi serta peningkatan sumber daya manusia melalui peningkatan komunikasi dengan bahasa asing.

“KUI UNDHIRA selalu berupaya untuk memberikan pengalaman internasionalisasi kepada mahasiswa asing maupun lokal”. Ujar Christine Suyasa

Lebih lanjut dikelaskan bahwa Program ini dibuka setiap semester bagi mahasiswa UNDHIRA yang ingin mendapatkan pengalaman baru yaitu belajar bersama dengan mahasiswa asing.

X