Manajemen (S1)

Fakultas Ekonomika, Bisnis dan Humaniora
Program Studi Manajemen
Operasional sejak Juli 2011
Akreditasi : B
No SK Akreditasi : SK BAN-PT No. 2445/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2018
Website : manajemen.undhirabali.ac.id/
Email : manajemen@undhirabali.ac.id

Sarjana Manajemen ( S.E.)

Peminatan/Konsentrasi:

  • Manajemen Bisnis Pariwisata
  • Manajemen Perhotelan
  • Manajemen Keuangan

Visi :

Program Studi yang menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu, trampil dan unggul di bidang manajemen untuk mendukung kepariwisataan pada tahun 2022

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan Tinggi di bidang Manajemen dan Pariwisata yang berkualitas, profesional, berwawasan dan menguasai Ilmu Pengetahuan serta ketrampilan yang memenuhi standar kompetensi
  2. Mendukung pemenuhan kebutuhan tenaga kerja yang handal, terampil, ahli, profesional, berkualitas serta mempunyai pandangan dan wawasan yang luas, di dunia industri dalam era globalisasi, secara khusus di bidang manajemen untuk mendukung pariwisata

Tujuan :

  1. Memenuhi kebutuhan masyarakat yang melanjutkan pendidikan di tingkat Sarjana dengan harapan mempunyai peluang karir secara lebih terbuka dan luas dalam berbagai bidang, khususnya pada bidang manajemen, industri pariwisata dan perhotelan.
  2. Mewujudkan pendidikan manajemen terkait kepariwisataan yang mengacu kepada perkembangan dunia di era globalisasi dimana arah konsentrasi pendidikan berkembang terus mengikuti kompetensi keahlian yang ditawarkan dunia industri.
  3. Memberikan pendidikan lanjutan yang berkualitas dan profesional dalam rangka memberikan kemampuan daya inovasi mahasiswa dimana penelitian dan pelayanan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pendidikan.
  4. Memberikan mahasiswa kemampuan melaksanakan pendidikan yang memiliki nilai budaya yang dapat dijadikan kekuatan dalam membantu proses belajar mereka sebagai insan yang bertanggung jawab, memiliki perilaku yang baik, berkualitas dan profesional.
  5. Membentuk insan yang memiliki kepedulian pada lingkungan kerja melalui penciptaan hubungan yang selaras antar civitas akademika dalam suasana yang penuh semangat dan mencirikan nilai-nilai kewirausahaan.

Program Studi Manajemen yang diselenggarakan oleh Universitas Dhyana Pura memiliki kompetensi utama sebagai berikut : 

  1. Menguasai konsep teoritis, metoda dan perangkat analisis fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian) dan fungsi organisasi (pemasaran, SDM, operasi, dan keuangan) pada bidang bisnis kepariwisataan, perhotelan, dan keuangan.
  2. Menguasai konsep dan teknik menyusun rencana strategis dan menjabarkannya dalam rencana operasional.
  3. Menguasai prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan dalam berbagai tipe organisasi.
  4. Menguasai konsep tentang metode penelitian yang mencakup studi kasus, survei, simulasi, dan eksperimen pada lingkup kualitatif dan kuantitatif, secara eksploratif, deskriptif, dan verifikatif.
  5. Menguasai minimal satu metode penelitian (studi kasus, survei, simulasi, dan eksperimen pada lingkup kualitatif dan kuantitatif, secara eksploratif, deskriptif, dan verifikatif).
  6. Menguasai etika bisnis dan nilai-nilai kemanusiaan (humanity values).
  7. Menguasai pengetahuan tentang jenis dan regulasi organisasi lokal, nasional, regional, dan global.
  8. Menguasai kaidah, prinsip dan teknik komunikasi lintas fungsi, level organisasi, dan budaya.
  9. Menguasai minimal salah satu bahasa internasional.

Program Studi Manajemen yang diselenggarakan oleh Universitas Dhyana Pura memiliki kompetensi pendukung sebagai berikut:

  1. Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi.
  2. Mampu melaksanakan fungsi organisasi (pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan, dan strategi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi.
  3. Mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan fungsi organisasi pada level operasional, serta mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan, dengan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan yang berakar pada kearifan lokal.
  4. Mampu berkontribusi dalam penyusunan rencana strategis organisasi dan menjabarkan rencana strategis menjadi rencana operasional organisasi pada level fungsional.
  5. Mampu mengambil keputusan manajerial yang tepat di berbagai tipe organisasi pada tingkat operasional, berdasarkan analisis data dan informasi pada fungsi organisasi.
  6. Mampu melakukan kajian empirik dan pemodelan dengan menggunakan metode ilmiah pada berbagai tipe organisasi berdasarkan fungsi organisasi.
  7. Mampu berkomunikasi efektif lintas fungsi dan level organisasi.
  8. Mampu membangun jejaring dilingkungan nasional dan global.

Program Studi Manajemen yang diselenggarakan oleh Universitas Dhyana Pura memiliki kompetensi lainnya/pilihan sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan keahlian di bidang manajemen.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlian di bidang manajemen berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau rancangan usaha.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu membangun, memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

S1 Manajemen Perhotelan di Bali
S1 Manajemen Bisnis Pariwisata

Daftar Dosen

Nama DosenGelarPendidikan
I Nyoman TingkesDr M.M DrsS3
R Tri Priyono Budi SantosoDr M.M DrsS3
Gusti Ngurah joko adi NegaraDr. M.A. S.E.S3
I Wayan Ruspendi junaediDr. M.A. S.E.S3
Yeyen KomalasariDr. M.M. S.E.S3
Christimulia Purnama TrimurtiDr M.M. S.H. S.E.S3
KomalawatiM.M. DraS2
I Wayan SemadiM.M. DrsS2
I Ketut SirnaM.M. S.H.S2
Gilbert NainggolanM.M. S.S.S2
I Gede OkaM.M.S2
I Wayan SusramaM.M. S.E.S2
I Made DarmayasaM.M. S.E.S2
Ni Luh Putu Suarmi Sri PatniM.M. S.E.S2
I Gede Agus MertayasaM.M. S.E.S2
RADEN AGUS SARWA EDYS2
I KETUT RUDIAM.M. S.E.S2
I W K TEJA SUKMANAM.M. S.E.S2
EKA PUTRI SURYANTARIM.Si S.E.S2
PUTU CHRIS SUSANTOM.B.A B.A.S2
NI PUTU DYAH KRISMAWINTARIM.M. S.E.S2
I PUTU GIDION ALFA DIANAM.M. S.E.S2
NI KADEK WIDYASTUTIM.Par S.E.S2