Universitas Dhyana Pura (Undhira) boleh berbangga karena 2 Skema Proposal PKM (Pekan Kreatifitas Mahasiswa) Undhira berhasil lolos hibah yang didanai oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset Dan Teknologi (Kemendikbudristek) dari 1.523 proposal yang masuk ke Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Skema yang lolos yaitu PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan) dan PKM artikel ilmiah.

Untuk dapat melihat kemajuan pelaksanaan PKM tersebut, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan melaksanakan rangkaian acara PKP2 (Pelaksanaan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM) secara daring pada tanggal 9 s.d. 17 September 2022 bagi Universitas, Institut, dan Sekolah Tinggi. Universitas Dhyana Pura mendapatkan jadwal pada hari Senin (12/9) yang dilaksanakan secara online di ruang Multimedia Universitas Dhyana Pura.

Judul PKM-K Undhira yang lolos hibah yaitu “Pop Up Sound Book untuk Story Telling Berbasis Kearifan Lokal” dengan dosen pembimbing Putu Indah Lestari, S.Pd., M.Pd dan mahasiswa yang terlibat yaitu Arlina Laia, Ni Made Lisa Puspa Anugeraheni, Ni Kadek Sri Susanti, Helena Maharina Nale dan Dwi Justin Fikasi Batania Sarumaha dari Prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Undhira.

Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) merupakan program kreativitas mahasiswa dalam menciptakan aktivitas usaha. Tim mahasiswa harus melakukan analisis adanya kebutuhan dan peluang pasar, untuk selanjutnya membuat kreativitas (komoditas) usaha dalam rangka menyediakan kebutuhan pasar tersebut. Hal ini bertujuan untuk memandu mahasiswa untuk menjadi kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Kepala Bagian Kemahasiswaan Undhira Dr. Dermawan Wawuru seusai kegiatan menyampaikan bahwa saat ini diadakan monev PKMK oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang didalamnya mahasiswa menyampaikan hasil kegiatan khususnya produk-produk yang sudah disiapkan dalam proses tersebut. Dr. Dermawan Waruwu berharap tahun depan ada banyak mahasiswa yang lolos, dapat dibiayai oleh Kemendikburistek dan nilai hibahnya lebih banyak lagi.

X