Universitas Dhyana Pura (Undhira) melaksanakan Pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) tahun akademik 2022/2023. Kegiatan PKKMB ini dilaksanakan selama 3 hari (3-5 Oktober 2022) di Aula gedung E Kampus Dhyana Pura. Tema yang diusung yaitu Teladan dan Unggulan dengan Subtema yaitu “Membentuk Generasi Berakhlak, Nasionalis, Kompeten dan Berdaya Saing Global Melalui Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Pembukaan PKKMB diikuti oleh undangan Kepala LLDIKTI Wilayah 8, Rektor, WR1, W2, Dekan FEBH, Dekan FKST, Dekan FV, kaprodi dari 16 Prodi yang ada di Undhira, Kabag dan Kasubag, Panitia Inti, dan Panitia pelaksana dari BEM mahasiswa.

Kepala LLDIKTI wilayah 8 yang diwakili oleh Kasubag Sumber Daya Manusia, Pande Putu Suryadinata, S.Si., M.Par, mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Undhira yang telah melaksanakan kegiatan PKKMB sesuai dengan protokol kesehatan, pedoman dan peraturan yang telah di terapkan oleh Kementerian. Tema yang diusung sudah sesuai dengan yang diharapkan yaitu menciptakan mahasiswa yang berahlak, berbudaya dan memiliki daya saing global. “Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari kedepan semoga berlangsung dengan baik dan mahasiswa dapat menerima semua materi dan juga menerapkan selama kuliah di Undhira dan menjadi lulusan yang berdaya saing global serta menjadi wirausaha dan berguna bagi nusa dan bangsa Indonesia”, Harapnya.

Ketua panitia PKKMB Universitas Dhyana Pura Dr. Gusti Ngurah Joko Adinegara, MA mengatakan selama kegiatan PKKMB mahasiswa akan dibentuk agar memiliki akhlak yang mulia, memiliki jiwa yang nasionalis, kompeten dalam bidangnya. Materi yang diberikan adalah materi akademik dan non akademik diantaranya pengetahuan beretika dalam sosial media, dimana saat ini media sosial menjadi bagian dalam kehidupan mahasiswa. Materi akademik yang diberikan di Undhira mulai dari kegiatan proses pembelajaran sampai pengenalan program studi dan juga dalam kegiatan PKKMB diberikan informasi berkenaan dengan bahaya terorisme serta mahasiswa memiliki jiwa peduli terhadap lingkungan dan sesama.

Rektor Undhira Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, MA mengatakan adapun tema dalam PKKMB tahun ini adalah membentuk generasi berakhlak, nasionalis, kompeten dan berdaya saing global melalui implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdek di kampus Undhira. Implementasinya dijalankan dalam dua model yaitu hard skill dan soft skill, yang terpancar dari visi Undhira yaitu Universitas Teladan Dan Unggulan. “Teladan bermakna bahwa Undhira membentuk generasi yang berkarakter, memiliki tujuh karakter yang menyatu dalam dirinya yaitu mahasiswa berintegritas, percaya diri dan juga memiliki kreatifitas yang tinggi, mampu berwirausaha, menghargai keberagaman, professional, memiliki jiwa kepemimpinan yang melayani dan diharapkan semua lulusan memiliki wawasan global. Sedangkan dari hardskill mengajarkan kepada mahasiswa, mendidik dan melatih untuk membentuk generasi yang kompeten dibidangnya masing-masing sesuai dengan program studinya, dimana langkah yang dilakukan Undhira yaitu membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi untuk menyiapkan lulusan Undhira yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat baik di dunia usaha maupun dunia industri.

Undhira menerima mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 sebanyak 505 mahasiswa, Fakultas Ekonomika, Bisnis dan Humaniora (FEBH) sebanyak 224 mahasiswa, Fakultas Kesehatan, Sains, dan Teknologi (FKST) 237 mahasiswa dan Fakultas Vokasi (FV) 44 peserta. Undhira juga menerima 27 mahasiswa S2 Magister Manajemen tahun akademik 2022/2023 yang ada di naungan FEBH.

X