Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Fakultas Ekonomika, Bisnis dan Humaniora
Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Operasional sejak Juli 2011
Akreditasi : Terakreditasi Ban PT
No SK Akreditasi : 0458/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017
Website :  
pkk.undhirabali.ac.id/
Email :

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang menghasilkan Lulusan Teladan, Unggul, dan Berjiwa Entrepreneur pada Tahun 2024.
(Teladan: menjadi panutan di DUDI, keluarga dan masyarakat)
(Unggul: lulusan berkarier sesuai dengan profil, melampaui standar)
(Berjiwa Entrepreneur: memiliki karakteristik wirausaha).

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi dibidang pendidikan kesejahteraan keluarga yang berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta keterampilan pedagogik yang berkualitas memenuhi kompetensi pendidikan.
  • Menyelenggarakan Pendidikan Guru untuk memenuhi kebutuhan tenaga guru SMK Pariwisata dan Perhotelan (Jasa Boga, Tata Hidang, Tata Graha dan Kantor Depan) yang sesuai dengan perkembangan terbaru dibidangnya.
  • Memenuhi kebutuhan industri yang kompeten/profesional dibidangnya.
  • Menyelenggarakan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang entrepreneur.
  • Melakukan penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat dibidang ilmu pendidikan kesejahteraan keluarga, Tata Boga, Pariwisata, dan kewirausahaan.

 

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang berkualitas serta kompeten dibidang pendidikan pariwisata, perhotelan (Jasa Boga, Tata Hidang, Tata Graha dan Kantor Depan) secara akademik dan praktik.
  • Menghasilkan lulusan yang berkualitas serta kompeten dibidang pariwisata dan perhotelan (Jasa Boga, Tata Hidang, Tata Graha dan Kantor Depan)
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam bidang kewirausahaan.

 

Strategi

Untuk mencapai Visi, Misi dan Tujuan program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga strategi yang dilakukan adalah:

  • Peningkatan kualitas sumber daya manusia program studi dengan menyelenggarakan pembelajaran soft skill dan hard skill melalui berbagai bentuk kegiatan pembelajaran.
  • Meningkatkan kualitas output/lulusan dengan melakukan peninjauan kurikulum program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga setiap 2 tahun sekali yang melibatkan stakeholder, asosiai, lulusan, mahasiswa dan expert dibidang kurikulum.
  • Melakukan evaluasi implementasi / pelaksanaan kurikulum secara berkala setiap akhir semester dan melalui tracer studi.
  • Memberikan pembelajaran soft skill dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan 7 karakter Universitas Dhyana Pura ke dalam mata kuliah.
  • Mengembangkan model-model pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa sesuai dengan kebutuhan era revolusi industri 4.0 dan 5.0.
  • Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan perkembangan revolusi industri 4.0 dan 5.0.
  • Melibatkan mahasiswa secara aktif dalam program merdeka belajar kampus merdeka.
  • Mejalin kerjasama dengan stakeholder, mitra, mahasiswa dan alumni, serta pemangku kepentingan lainnya.

Profil Lulusan

NoProfile Lulusan (PL)Deskripsi Profil Lulusan
PL1Guru atau Tenaga Kependidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai guru atau tenaga kependidikan yang profesional dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki kecakapan dan kemampuan dalam mengelola pembelajaran.
Mampu menerapkan model desain pembelajaran dan melakukan perencanaan yang baik dan tepat dalam proses pengajaran.
Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan sesuai dengan perkembangan zaman.
PL2Praktisi Tata Boga dan PerhotelanBertanggung jawab dalam menjalankan operasional bidang pariwisata, baik dalam bidang perhotelan, jasa boga, dalam mencapai tujuan dan target departemen yang sudah ditetapkan dengan cara menetapkan tujuan-tujuan strategis departemen dan mengelola sumber daya, membuat perencanaan, mengeksekusi, dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan dalam departemen yang dipimpinnya.
PL3Entrepreneur Menciptakan, merencanakan, mengeksekusi, memasarkan, dan mengontrol usaha baru yang inovatif dan kreatif sebagai wirausaha dalam bidang kuliner, berani mengambil resiko bisnis yang terkalkulasi dan sistematis secara mandiri maupun melalui kemitraan, serta bertanggung jawab penuh terhadap usaha yang dijalankan.

Daftar Dosen

DosenGelarPendidikan
I KETUT SUARTANAM.Pd DrsS2
NI MADE ERPIA ORDANI ASTUTIM.Pd. DraS2
MARIA FRANSISKA BR GINTINGM.Pd S.PdS2
I WAYAN SURYANTOM.Pd S.E.S2
I PUTU PRANATHA SENTOSAM.Pd S.E.S2
I Gusti Ayu Agung Sinta DiariniM.Pd. S.PdS2
I Gusti Ayu Ika Monika PrastyandhariM.Pd. S.PdS2