Kegiatan workshop penulisan buku ajar untuk Program Studi Manajemen Universitis Dhyana Pura (Undhira) dilaksanakan terkait dengan pelaksanaan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Undhira. PKKM Undhira ini merupakan hibah dari Kemendikbud-Ristek tahun 2021  yang merupakan anugrah bagi Program Studi Manajemen Undhira.  Dari 3000–an perguruan tinggi di Indonesia yang menerima hibah 145 perguruan tinggi dan Proposal PKKM  Undhira salah satu diantaranya. Workshop Buku Ajar tersebut diadakan pada Selasa, 3 Agustus 2021 secara daring melalui zoom.  Walaupun Hibah PKKM tersebut diperuntukan bagi Program Studi Manajemen namun pelaksanaan workshop Buku Ajar tersebut melibatkan seluruh dosen tetap Undhira.

Workshop yang mengudang narasumber Dr. I Nengah Laba seorang dosen, konsultan, asesor dan penulis aktif yang telah banyak menulis buku baik buku ajar maupun buku-buku lainnya tersebut  dibuka oleh Rektor Dr. I Gusti Bagus Rai Utama. Dalam pembukaan workshop tersebut Rektor Undhira menyampaikan bahwa “Baju dosen adalah buku”  sembari menghimbau agar semua dosen Undhira sebaiknya memiliki buku minimal buku ajar. “ Banggalah atas buku yang telah kita tulis dan harus percaya diri untuk memulai menulis. Belajarlah untuk mengubah presepsi kita dan terus berproses bila ada orang komentar tantang buku yang kita tulis, baik itu komentar positif maupun negatif jadikan semuanya komentar itu pemicu semangat kita untuk terus berproses. “ demikian ungkapan penegasan Rektor.

Dalam Sesi I sebelum sesi pembicara menyampaikan materinya Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, Inovasi dan Kemahasiswaan, Dr. Ni Made Diana Erfiani, S.S.,M.Hum  menyampaikan Kebijakan Perguruan Tinggi terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),  khususnya kebijakan Undhira dalam menyikapi perubahan-perubahan yang harus disikapi dengan dicanangkannya MBKM. Dan juga capaian yang telah diprogramkan Undhira sebagai konsekwensi penerima Hibah PKKM 2021.  Dalam kaitannya workshop buku ajar tersebut capaian yang hendak dicapai yakni meningkatkan kompetensi dosen untuk menulis buku ajar dan memotivasi para dosen agar lebih produktif dalam membuat publikasi ilmiah yang salah satunya adaiah buku ajar.

Dalam workshop tersebut Dr. I Nengah Laba menyampaikan materi  “Transformasi Hasil Riset & RPS Menjadi Buku Ajar ber-ISBN” sampai permasalahan tehnis “Klinik Buku Ajar” serta lika-liku strategi dan proses penerbitan buku bersama penerbit. Dalam workshop tersebut peserta yang terdiri dari dosen tetap Undhira pada sesi diskusi berjalan sangat variatif dan hidup. Hal tersebut menyiratkan bahwa dosen-dosen Undhira telah bersiap untuk menerbitkan modul ajarnya menjadi buku ajar. Workshop tersebut dipandu oleh Ni Putu Dyah Krismawintari S.E., M.M Ketua Program Studi Manajemen yang merupakan Person In Charge Hibah PKKM Undhira dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Operasional dan SDM Dr.R Tri Priyono Budi Santoso.

Salam Teladan dan Unggulan

Humas Undhira.