Program Kompetisi Kampus Merdeka Universitas Dhyana Pura (PKKM Undhira) tahun 2021 merupakan program hibah yang didanai oleh Kemendikbud Ristek. Dari 3000 Perguruan Tinggi di Indonesia, terdapat 400 proposal yang diikutsertakan dalam program hibah PKKM 2021.  Ada 145 proposal dari perguruan tinggi yang lolos dan Proposal Program Studi (Prodi) Manajamen S1 Undhira salah satunya yang lolos. Bersyukur melalui hibah PKKM  yang ketua taskforce-nya Dr. Ni Made Diana Erfiani dengan person in charge (PIC) Ketua Program Studi Manajemen yakni Putu Diah Khrismawintari, SE.,MM tersebut, Undhira khususnya Prodi Manajemen dijembatani peningkatan atau pengembangannya. Ada tiga peningkatan yang hendak dicapai dalam hibah PKKM tersebut yaitu : peningkatan akselerasi – prestasi & kewirausahaan mahasiswa ; peningkatan kapasitas dan kompetensi dosen serta penguatan kemitraan dan peningkatan kurikulum.

Kegiatan workshop problem-based learning secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen Undhira. Dengan peningkatan kapasitas dosen maka diharapkan  meningkatkan juga kualitas lulusan, sehingga lulusan Undhira siap bersaing pada dunia usaha dan dunia industri. Workshop tersebut diadakan selama dua kali yakni  pada Jumat, 23/7/2021 dengan agenda : Mengajar dengan menggunakan kasus; Rencana pembelajaran semester (RPS);  Penilaian dan penulisan modul ajar berbasis kasus bisnis. Setelah para dosen mengikuti workshop di hari pertama maka selama satu minggu diberi kesempatan untuk mewujudkan case  modul -nya.

Workshop project management merupakan workshop lanjutan yang pesertanya dosen Program Studi Manajemen S1, Manajemen Pemasaran D3, Manajemen Perhotelan D4 dan Program Studi Akuntansi di lingkungan Universitas Dhyana Pura. Workshop lanjutan diadakan Kamis, 29/7/2021/ dengan agenda dalam workshop lanjutan yakni: presentasi case-modul-plan; Penyusunan teaching notes; Tehnik mengajar dengan menggunakan kasus dan project team serta mengajar dengan team project. Workshop lanjutan dibuka oleh Rektor Undhira yakni Dr. I Gusti Bagus Rai Utama.

Dalam kesempatan tersebut  beberapa dosen Prodi Manajemen berkesempatan presentasi case base learning (draf modul)-nya. Dosen yang berkesempatan mempresentasikan case base learning: Putu Chris Susanto, MBA., M.Ed. ; Sidhi Bayu Turker,., M.Par.; I Gusti Bagus Alit Wahyu Palguna. SE. Ak., M.Si. dan Dr. Yeyen Komalasari, SE., MM. Menurut narasumber yakni Aries Heru Prasetyo, M.M.,Ph.D seorang dosen  PPM School of Management yang mendampingi pembuatan case-plan, menyampaikan bahwa “draf modul yang dipresentasikan para dosen Undhira luar biasa, layak diterbitkan menjadi modul ajar.”  Dengan melihat potensi tersebut, Heru Prasetya berharap bisa saling tukar modul ajarnya dikedepannya.

Diakhir acara Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, Inovasi dan Kemahasiswaan yang sekaligus ketua taskforce berharap agar dosen-dosen Undhira yang sudah terbuka cakrawalanya tentang problem-based learning, bangkit dan maju dalam mengembangkan metode pembelajarannya. Dan agar masing-masing dosen segera menulis  modul ajar dan segera menerbitkannya atau mengurus HAK CIPTA – nya, LPPM akan memfasilitasi pengurusan administrasinya.

Salam Teladan dan Unggulan

Humas Undhira.