Selasa (19/7) – Program Studi Perekam dan Informasi Kesehatan (PIK) Universitas Dhyana Pura menerima tim Asesor LAMPT-Kes untuk pelaksanaan untuk pelaksanaan Asesmen Lapangan (AL) dalam rangka Akreditasi Program Studi PIK. Rektor Universitas Dhyana Pura, Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, S.E., M.MA., MA. bersama dengan Ketua Yayasan Dhyana Pura (YDP) Dr. Ketut S. Waspada, Sekretaris  YDP Dr. dr. Made Nyandra, Sp.KJ., M.Repro., FIAS dan Bendahara YDP I Made Darmayasa, S.E., MM. menerima tim asesor di Ruang E101 Universitas Dhyana Pura didampingi oleh Para Wakil Rektor, Dekan Fakultas Kesehatan, Sains dan Teknologi (FKST), Ketua  dan Sekretaris Prodi PIK, Para Dosen dan Mahasiswa Prodi Kesmas, serta Para Pejabat Struktural di Lingkungan Universitas Dhyana Pura. Acara berlangsung selama tiga hari sampai dengan Kamis (21/7). Rektor Undhira berkesempatan untuk memberikan sambutan dan memperkenalkan personil yang hadir dari Yayasan Dhyana Pura dan Undhira serta sekilas tentang Universitas Dhyana Pura. Beliau juga berharap bahwa asesmen lapangan dapat berjalan dengan baik, dengan harapan para asesor mendapatkan potret terbaik dari prodi PIK.

Bertindak sebagai tim asesor adalah Lily Widjaja, SKM, MM. selaku Asesor 1 dan Kriswiharsi Kun Saptorini,SKM., M.Kes selaku Asesor 2. Harapan tim asesor dalam sambutannya adalah proses asesmen lapangan dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Asesmen lapangan diawali dengan presentasi Laporan Evaluasi Diri (LED) Unit Pengelola Program Studi (UPPS) oleh Dekan FKST, Dr. dr. Bambang Hadi Kartiko, MARS dan Dokumen Kinerja (DK) Program Studi oleh Kaprodi PIK,  dr. Agus Donny Susanto, M.Kes yang telah diupload dalam sistem akreditasi LAMPT-Kes. Acara dilanjutkan dengan tanya-jawab (diskusi) terkait informasi tambahan yang tidak tercantum dalam borang kriteria. Proses AL dilanjutkan oleh para Asesor dengan peninjauan dan konfirmasi sarana prasarana.

Rabu (20/7) AL diawali dengan konfirmasi aspek terkait dengan pelaksanaan pengelolaan UPPS dan Prodi pada area fungsional yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pengelolaan sumber daya. Para asesor LAM-PTKes juga meminta konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas Penjaminan Mutu. Dalam AL ini juga dilakukan sesi wawancara dengan mahasiswa, pembimbing wahana praktik (stakeholders), dosen, dan tenaga kependidikan guna menilai proses pembelajaran, keterlibatan, kinerja, serta kepuasan. Dalam hari yang sama dilakukan juga konfirmasi data dan informasi dalam LED UPPS dan DK Prodi yang diakhiri dengan penyiapan draft berita acara dan rekomendasi hasil asesmen lapangan oleh para asesor yang kemudian di serahkan kepada pihak UPPS dan Prodi untuk mendapat tanggapan.

Kamis (21/7) Acara dilanjutkan dengan diskusi mengenai draft Berita Acara dari Asesor. Setelah berita acara disetujui, maka dilakukan penandatanganan Berita Acara dan penyerahan berita acara dari Asesor kepada Kaprodi PIK yang didampingi oleh Wakil Rektor  Bidang Operasional, SDM dan Pemasaran Undhira dan Dekan FKST dan dilanjutkan dengan penutupan Asesmen Lapangan. Asesor berkesempatan memberikan input yang membangun untuk kemajuan program studi PIK UNDHIRA. Harapan Unit Pengelola Program Studi dan Program Studi adalah proses akreditasi akan mendapatkan hasil terbaik. (mdi)

#undhirabali #teladandanunggulan #humasundhira

X