+62-361-426450 [email protected]

Berdasarkan agenda dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) 2023, pada hari Rabu, 15 Maret 2023 diadakan program literasi digital di lingkungan perguruan tinggi di Provinsi Bali. Adapun tema yang diangkat pada program Kominfo saat itu adalah “Membangun Karakter Generasi Muda yang Cakap di Era Teknologi” yang diadakan oleh Kominfo dengan Undhira khususnya Prodi S1 Teknik Informatika Undhira. Kegiatan dilakukan secara hybrid dengan jumlah peserta sekitar 1000 mahasiswa Undhira dan umum. Kegiatan secara offline diadakan di ruang teather kampus Undhira dan secara online diadakan melalui aplikasi zoom meeting.

Ada 3 (tiga) narasumber yang hadir yaitu I Gede Putu Krisna Juliharta, Ni Luh Putu Ning Septyarini P.A dan Gerson Feoh (Kaprodi S1 Teknik Informatika). Materi yang diberikan dalam literasi digital Kominfo tersebut yaitu mengenai tantangan digital, pola pikir positif dalam dunia digital dan pola pikir dalam menghadapi tantangan digital.

Rektor Undhira Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE., M.MA., MA membuka acara dan menyampaikan bahwa internet saat ini sangat mudah diakses dan generasi muda harus bisa mengelola internet supaya bisa menjadi hal yang positif. “literasi digital diartikan kemampuan memahami, meliputi, menggunakan, menganalisis, dan mentransformasi media digital dengan harapan dengan adanya literasi digital saat ini, mahasiswa atau generasi muda dapat meningkatkan pengetahuan, memberikan penilaian kritis, memperkuat nilai kepribadian dan mengembangkan dan menumbuhkan budi pekerti yang baik”. Ujar Dr. Rai Utama.

I Gede Putu Krisna Juliharta menyampaikan dalam acara bahwa sejak tahun 2020, Kementerian Kominfo telah melalukan tiga kali survei Indeks Literasi Digital Nasional. “Hasil pemetaan literasi digital Indonesia merupakan penilaian kekuatan dan kelemahan tingkat kecakapan dan pengetahuan digital sekaligus memberikan gambaran kondisi dan peluang di setiap wilayah tanah air.” Terang Krisna Juliharta