+62-361-426450 [email protected]

Universitas Dhyana Pura (Undhira), kembali mengadakan kuliah karakter bagi seluruh mahasiswa, dosen dan juga pegawai di lingkungan Universitas. Kuliah karakter kali ini, Rabu, 12 Juni 2024, menggandeng Program Studi (Prodi) Psikologi Undhira menjadi panitia dan host seminar tersebut. Prodi Psikologi Undhira memberi tema “Seminar Psikologi, Dampak Kehamilan Usia Muda Dalam Perspektif Kesehatan Fisiologi dan Psikologi”.

Dalam Seminar Psikologi kali ini, Undhira juga mengundang calon mahasiswa baru dari SMA/SMK di Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan untuk mengikuti seminar/kuliah karakter ini, dengan tujuan calon mahasiswa baru yang akan berkuliah di Undhira mulai mengenal kehidupan akademik kampus dan sekaligus mau untuk mempromosikan Undhira sebagai kampus pilihan dalam melanjutkan studi ke Pendidikan Tinggi.

Dalam sapaannya Wakil Rektor 3 Undhira, Dr. Wayan Ruspendi Junaedi, SE., MA mewakili Rektor, Prof. Rai Utama, menyampaikan kepada peserta seminar psikologi untuk memanfaatkan waktunya untuk belajar bersama dalam bidang kesehatan sehingga mahasiswa dan juga peserta seminar semakin bertambah pengetahuannya.

“Seminar kesehatan dengan narasumber kali ini bisa dibilang langka, jadi dengarkan, serap ilmunya dan bertanya sebanyak-banyaknya sehingga mendapat pengetahuan baru”. Tegas Dr. Ruspendi.

Narasumber pertama, dr. Kadek Fajar Marta, M.Biomed., Sp.OG subsp. Urogin RE (Dokter Spesialis Kebidanan & Kandungan RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah Bali) dalam materi Kehamilan Usia Dini menyampaikan dampak kehamilan usia dini, kehamilan yang tidak diinginkan adalah abortus illegal, kualitas kehamilan buruk, ANC yang tidak baik, nutris ibu kurang serta psikis tidak siap menjadi ibu.

“Pencegahan mengenai kehamilan yang tidak diinginkan bisa dilakukan dengan mempelajari informasi kesehatan hubungan seks dan dampaknya, memiliki prinsip kuat, tidak mudah terpengaruh lingkungan, terbuka dengan orangtua, kekecewaan tidak harus dilampiaskan dengan kehamilan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan serta mendiskusikan dengan pasangan tentang perencanaan memiliki anak”. Terang  dr. Kadek Fajar Marta

Narasumber kedua, Listiyani Dewi Hartika, M.Psi., Psikolog (Ketua Program Studi Psikologi Universitas Dhyana Pura Bali) dalam materi mengenai dampak psikologis kehamilan di usia remaja memaparkan dampak psikologis diantaranya Ketakutan irrasional, Putus asa, Merasa bersalah berlebihan, Kesepian, Bingung, Kesulitan menghadapi lingkungan sosial, Stress, Depresi, Rendahnya kualitas pengasuhan, tidak stabil secara emosional, dan Kematian.

“Mari cegah dengan Adanya Pendidikan seks sejak usia dini, Adanya program berbasis pengetahuan, Adanya klinik berbasis sekolah, Adanya aktivitas konseling sebaya, Pendampingan psikologis bagi korban/ibu muda”. Jelas Listiyani Dewi Hartika, M.Psi., Psikolog

Moderator dalam seminar psikologi adalah Ni Nyoman Ari Indra Dewi, M.Psi., Psikolog (Anggota Pusat Studi Gender & Anak Universitas Dhyana Pura) membawa seminar dengan sangat baik sehingga peserta menjadi tertarik dengan banyak memberikan pertanyaan kepada narasumber.

Universitas Dhyana Pura, Undhira terakreditasi Baik Sekali memiliki 3 (tiga)  Fakultas. Fakultas Bisnis, Pariwisata, Pendidikan dan Humaniora dengan program studi, Magister Manajemen (S2), Manajemen (S1), Akuntansi (S1), PVKK (S1), PG-PAUD (S1), Sastra Inggris (S1), Pengelolaan Perhotelan (D4) dan Digital Marketing (D3). Fakultas Kesehatan dan Sains (FKS) dengan Program studi, Fisioterapi (S1), Profesi Fisioterapis (Pro), Manajemen Informasi kesehatan (D4), Psikologi (S1), Gizi (S1), Administrasi Rumah Sakit (S1), Biologi (S1). Dan Fakultas Teknologi dan Informatika dengan Program Studi Informatika (S1) dan Sistem Informasi (S1) saat ini membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 sampai dengan September 2024.