Kamis (1/9) Universitas Dhyana Pura menyelenggarakan seminar dengan tema “Community Based Tourism (Case of Bali)” dalam rangka kunjungan Dili Institute of Technology (DIT). Seminar ini bertempat di Aula Gedung E Undhira. Kantor Urusan Internasional Undhira bertindak sebagai penyelenggara seminar ini. Seminar dihadiri oleh mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomika, Bisnis dan Humaniora Undhira serta mahasiswa dari DIT. Kegiatan seminar ini merupakan bentuk implementasi kerjasama yang sudah terjalin antara Undhira dan DIT.

Rektor Universitas Dhyana Pura, Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE., M.MA., MA. dalam sambutannya memperkenalkan Undhira kepada pihak DIT yang hadir. Beliau bersyukur dan mengapresiasi kehadiran mahasiswa dan dosen dari DIT untuk mengikuti seminar ini. Lebih lanjut Dr. I Gusti Bagus Rai Utama menyampaikan bahwa kerjasama yang baik akan berlanjut setidaknya dengan tiga prinsip yaitu: berkolaborasi dengan tujuan saling menguntungkan, memahami sebelum dipahami, dan sinergisitas.

Sejalan dengan Rektor Undhira, perwakilan DIT yakni Wakil Rektor DIT, Mr. Vital Barreto dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap Undhira yang telah menyediakan waktu dan tempat serta telah mempersiapkan seminar ini. Mr. Vital Barreto juga berharap agar mahasiswa DIT yang hadir mendapatkan ilmu dan belajar banyak hal dalam kesempatan ini, sehinga menemukan ide-ide baru untuk mengembangkan pariwisata di Timor Leste.

Bertindak sebagai narasumber dalam seminar ini adalah Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE., M.MA., MA. selaku dosen program studi Manajemen Undhira yang membawakan materi “Key Indicators of Community Involvement in Implementation of Ecotourism Management”. Dalam pemaparannya beliau menyimpulkan bahwa Ekowisata yang terletak di tengah desa atau pemukiman dapat diukur dengan terlebih dahulu, bahwa ekowisata bisa mengintegrasikan alam dan pariwisata sehingga (1) daya tarik wisata menjadi unik (2) memelihara alam secara optimal sesuai dengan fungsi utamanya, (3) dapat mendorong perekonomian masyarakat (4) mengintegrasikan alam dan sistem pariwisata. Selain itu Dr. I Gusti Bagus Rai Utama juga menyampaikan bahwa ekowisata membuka peluang bagi pekerja lokal di daerah tersebut serta menarik minat pemerintah. Setelah Dr. I Gusti Bagus Rai Utama memaparkan materinya diberikan kesempatan bagi para peserta untuk berdiskusi dalam sesi tanya jawab.

#undhirabali #teladandanunggulan #humasundhira

X