Pada Selasa, 23 Nopember 2021 dimulai pada pukul 09.00 WITA, Universitas Dhyana Pura (UNDHIRA) menggelar Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora (SINTESA) dan Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK) yang merupakan agenda tahunan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNDHIRA dalam rangka mempublikasikan hasil serta dampak kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan dosen dan mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Ketua LPPM UNDHIRA, Putu Chris Susanto, BA., MBA., M.Ed menyampaikan bahwa SINTESA SINAPTEK tahun 2021 mengambil tema “Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Era Merdeka Belajar”. Melalui tema tersebut para peneliti dan pengabdi diharapkan dapat memberikan inovasi dalam tatanan kehidupan baru, sehingga memberikan dampak nyata kepada dunia akademik dan masyarakat di era Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Sejalan dengan tema Ketua Panitia SINTESA dan SINAPTEK 2021 Putu Indah Lestari, SP., M.Pd berharap dari 105 judul makalah penelitian dan 41 judul makalah pengabdian masyarakat yang berasal dari 15 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, akan muncul hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang mengarah pada inovasi guna mewujudkan masyarakat sejahtera, pembangunan berkelanjutan, teknologi yang dapat diterapkan di masyarakat sehingga mampu mewujudkan Indonesia Jaya.

SINTESA dan SINAPTEK dibuka oleh Rektor Universitas Dhyana Pura Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, S.E., M.MA., MA yang menyambut para pembicara utama, pemakalah dan peserta dengan harapan sepulang dari seminar ini akan membawa dampak bagi teman-teman dosen di Homebase masing-masing untuk masyarakat khususnya solusi keluar dari krisis Pandemi Covid-19. Lebih lanjut beliau menyampaikan harapan bahwa seminar ini dapat menjadi langkah awal untuk belajar menulis, mempresentasikan, dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian yang telah dilakukan yang mungkin dapat terkait dengan dampak dari pandemi Covid-19.

 

Bertindak sebagai moderator adalah Dr. Dermawan Waruwu, S.Th., M.Si. dosen Universitas Dhyana Pura. Pembicara utama yang hadir secara virtual dalam seminar ini adalah Dr. Suzana Josephine Tobing, MS (Rektor Universitas Efarina), Karyadi, SE., M.M (General Manager PT Aerofoods Catering Service Cabang Denpasar), Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi, S.E., MA. (Akademisi Universitas Dhyana Pura). Dr. Suzana Josephine Tobing, MS memaparkan materi tentang “Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Era Merdeka Belajar”, kesimpulan dalam paparannya adalah perilaku inovatif adalah semua perilaku individu yang diarahkan untuk menghasilkan dan mengimplementasikan  hal-hal baru, yang bermanfaat dalam berbagai level organisasi;  terdiri dari dua dimensi yaitu kreativitas dan pengambilan resiko dan proses inovasinya bersifat inkremental. Selanjutnya, pembicara kedua Karyadi, SE., M.M memaparkan tentang “Program Kampus Merdeka Ajak Mahasiswa Indonesia menjadi SDM Kreatif dan Adaptif”, beliau menekankan pada tiga topik utama yakni kampus merdeka dan program magang, digitalisasi dunia kerja dan eksistensi selama pandemi. Terakhir dalam sesi pleno, Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi, SE., MA dalam paparannya “Transformasi Ekonomi Adat di Era Merdeka Belajar Melalui Kewirausahaan” yang menyimpulkan bahwa model pemberdayaan ekonomi masyarakat adat bisa dilakukan dengan kewirausahaan mampu mengurangi pengangguran, sebagai penyedia lapangan pekerjaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan secara tidak langsung mampu mencapai pembangunan ekonomi nasional.

Acara SINTESA dan SINAPTEK ditutup oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ni Made Diana Erfiani, SS. M.Hum yang menyampaikan terimakasih kepada LPPM, panitia, pembicara utama, pemakalah dan seluruh peserta, serta memberikan apresiasi bagi pemakalah terbaik. Dalam SINTESA dan SINAPTEK 2021 diumumkan 7 (tujuh) pemakalah terbaik dari SINTESA yaitu: Tim Christimulia Purnama Trimurti; Tim I Made Dwi Ardiada; Ni Luh Putu Merry Marlinda; Tim I Made Wisnu Adhi Putra; Tim Anindya Pradipta Hutami; I Nyoman Purnawan; dan Tim Ni Luh Ayu Tiara serta 3 (tiga) pemakalah terbaik dari SINAPTEK yaitu Tim Yeyen Komalasari; Tim Komang Yuda Widiarta dan Tim Caroline Eka Mertanti.  Dr. Ni Made Diana Erfiani, SS. M.Hum dan Ketua LPPM Putu Chris Susanto, BA., M.BA., M.Ed memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada mahasiswa yang terlibat sebagai pemakalah dalam SINTESA dan SINAPTEK 2021 dengan jumlah yang lebih banyak dari penyelenggaraan tahun sebelumnya serta apresiasi diberikan kepada program studi dan dosen yang telah mendorong dan mendukung para mahasiswa untuk terlibat dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pelaksanaan SINTESA dan SINAPTEK 2021 didukung oleh sponsor diantaranya, Maha Boga Marga (MBM), Moment, Bagus Home and Furniture Bali, The Sanctoo Villa and Spa, Zest Hotel Legian, Media Independen Online (MIO) Indonesia Provinsi Bali.

Satu ungkapan penutup yang dikutip dari  Ketua LPPM Putu Chris Susanto, BA., M.BA., M.Ed “Semper Gratus”. Selalu bersyukur. Kita patut bersyukur bahwa walaupun di tengah masa yang penuh dengan ketidakpastian ini, kita masih tetap dapat berkarya, mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, berinovasi, dan menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi keilmuan, bagi masyarakat, dan bagi dunia industri.

#UNDHIRA #SINTESA2021 #SINAPTEK2021 #LPPMUNDHIRA

#humasundhira #teladandanunggulan